Tapteng. Hujan deras yang melanda sejumlah kawasan di Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng) pada , Rabu (28/3/2018) mengakibatkan tanah perbukitan di sekitar Jembatan Husor, Desa Pangaribuan, Kecamatan Andamdewi, mengalami longsor hingga menutupi badan jalan nasional Humbahas-Tapteng.

Informasi yang diperoleh, bencana longsor ini terjadi, Kamis (29/3/2018) pagi sekira pukul 06.00 WIB. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun arus lalulintas tiga arah, Barus-Manduamas-Humbang Hasundutan (Humbahas) sempat mengalami lumpuh total 2-3 jam.

Alat berat dari proyek Bendungan Sitakkurak yang tak jauh dari lokasi bencana ini pun langsung diturunkan untuk mengevakuasi material longsor yang menimbun dan menutupi badan jalan. Dalam hitungan 1-2 jam arus lalulintas kembali lancar.

“Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun salah satu rumah makan milik R Sigalingging yang lokasinya persis di seberang bukit mengalami rusak,” sebut Jurlang, warga Kecamatan Barus yang dihubungi lewat sambungan telepon.

Jurlang mengatakan, pada Rabu malam hujan sangat deras mengguyur kawasan Barus dan sekitarnya. Kemungkinan, hal ini yang menyebabkan terjadinya bencana longsor di Kecamatan Andamdewi.

Dia menambahkan, sekira pukul 09.00 WIB, arus lalulintas sudah kembali lancar. Camat Andamdewi Desni Limbong, Kapolsek Barus AKP Sofyan H Nasution juga ikut memantau proses evakuasi longsoran material hingga selesai.