MEDAN - Harga bawang putih sejumlah pasar tradisional Kota Medan mengalami fluktuatif membuat Bulog menggelar Operasi Pasar (OP) di sejumlah pasar tradisional di Kota Medan.

Sebelumnya harga bawang putih kisaran Rp Rp20.000 per kg, namun hingga saat ini harga bawang putih mencapai Rp 40.000  per kg bahkan sampai Rp50.000 per kg.


Seperti yang dikatakan pedagang Pasar Kemiri, Boru Regar bahwa harga bawang putih sudah sepekan naik, disebabkan dari distributor sudah naik. "Dari distributor memang sudah naik, mau tak mau kita harus naikkan ke pembeli," katanya Rabu (28/3/2018).

Dikatakannya, kenaikan harga bawang putih ini belum tau apa alasannya. "Pihak distributor sendiri tidak tau mengapa harga bawang putih naik, hanya saja pasokan memang berkurang, sehingga hargapun jadi naik,"ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bulog Sumut, Benhur Ngkaimi mengatakan, dengan naiknya harga bawang putih ini, maka Bulog telah lakukan OP termasuk bawang putih dari tanggal 28 Maret hingga harga kembali stabil atau turun.

"Kita bersama BUMN lain gelar OP di tiap pasar tradisional di Medan, dan untuk bawang putih, kita jual Rp 20.000 ribu per kg separuh harga kita jual dari pedagang pasar tradisional dengan tujuan agar masyarakat tetap dapat menkonsumsi bawang putih dengan harga yang standar,” terangnya.

Dikatakannya, jika ada harga pangan yang melambung tinggi, maka Bulog akan terus lakukan sidak bersama satgas pangan dan pemerintah kota. Seperti saat ini harga bawang putih yang naik, maka Bulog akan terus lakukan penjualan dibawah HET.

"Untuk bawang putih tetap kita siapkan, kita cari nanti jika harga tetap meninggi, dan kita cari solusinya bersama teman teman di Pemda untuk siapkan subsidi di pasar murah,” tukasnya.