SAMOSIR - Bupati Samosir, Rapidin Simbolon membuka secara resmi Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Samosir Tahun 2019, yang digelar oleh Bappeda Kabupaten Samosir di Hotel JTS Parbaba, Senin (26/3/2018) kemarin. Kepala Bappeda Kabupaten Samosir Rudi SM. Siahaan, ditemui, Selasa (27/3/2018) menyampaikan, Musrenbang RKPD 2019 berlangsung selama dua hari, mulai (26/3/2018) dan berakhir Selasa (27/3/2018).

Agenda hari pertama yakni pembukaan dan pemaparan oleh narasumber dan Forum Lintas Bidang (Diskusi). Selanjutnya hari kedua Penandatanganan Berita Acara Kesepakatan. "Acaranya berlangsung dua hari dan hari ini akan berakhir," singkatnya.

Dijelasknnya, Peserta musrenbang melibatkan unsur pemerintah pusat, pemerintah propinsi Sumatera Utara, Bupati se kawasan Danau Toba, pimpinan dan anggota DPRD, FKPD, OPD, instansi vertikal, akademisi, LSM dan Ormas, tokoh masyarakat, investor, keterwakilan perempuan dan kelompok masyarakat.

"Musrenbang Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Samosir kali ini mengangkat tema melanjutkan pembangunan infrastruktur dan meningkatkan nilai tambah sektor pertanian dan kepariwisataan untuk mendorong pertumbuhan ekonomi," tambahnya.

Sementara itu, Rapidin Simbolon dalam arahannya mengharapkan pelaksanaan musrenbang ini hendaknya tepat sasaran dan berkualitas.

Pelaksanaan musrenbang ini merupakan amanat Undang-undang sebagai forum antar pemangku kepentingan dalam rangka menyusun rencana pembangunan daerah.

Musrenbang RKPD 2019 akan dilaksanakan melalui tiga forum lintas perencanaan pembangunan yang prioritas dan merupakan inti dari visi dan misi yang tertuang dalam RPJMD Kabupaten Samosir 2016-2021 yakni terwujudnya masyarakat Samosir yang sejahtera, mandiri dan berdaya saing berbasis pariwisata dan pertanian.

"Ketiga forum lintas perencanaan pembangunan itu meliputi Kepariwisataan, Pertanian, Pembangunan SDM dan Penanggulangan Kemiskinan" terangnya.

Lebih lanjut, Rapidin meminta kepada Pemerintah Propinsi Sumatera Utara untuk memberikan perhatian lebih kepada Samosir dan Danau Toba untuk mendukung program Presiden RI Joko Widodo yang telah menetapkan kawasan Danau Toba sebagai Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN).

Tidak itu saja, Rapidin mengajak pemerintah se kawasan Danau Toba mendukung pembangunan Geopark Kaldera Toba, dengan memperkuat kerjasama dengan pemda se-kawasan Danau Toba.