PALAS - Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Cabang Kabupaten Padang Lawas mengunjungi sekolah pada puncak peringatan hari kesehatan gigi dan mulut se dunia. Kegiatan pembagian sikat gigi beserta pastanya yang dipusatkan di sekolah SDN 0101 Sibuhuan, Kecamatan Barumun itu sebagai wujud kepedulian membangun kesehatan masyarakat. Hal ini pun mendapat sambutan positif dari masyarakat dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Palas.

Kepala Dinas Kesehatan Palas, Hj. Leli Ramayulis, Kamis (22/3/2818) mengatakan, kegiatan ini merupakan salah satu bentuk promosi kesehatan dalam mendukung penguatan program kesehatan gigi dan usaha kesehatan sekolah (UKS).

Dikatakannya, dalam menciptakan kesehatan di lingkungan sekolah, diharapkan dukungan kerjasama dari semua pihak untuk memberikan motivasi bagi kemajuan dunia pendidikan. Bahkan, program yang dilaksanakan PDGI sangat tepat mendukung promosi kesehatan masyarakat

"Dengan demikian penguatannya di lingkungan Dinas Kesehatan sejajarannya termasuk puskesmas perlu juga adanya program tersebut untuk lebih memantapkan pengembangan promosi kesehatan yang menyentuh langsung dengan masyarakat," ujar Hj Leli.

Di tempat yang sama, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Palas diwakili Kabid Dikdasmen M. Rasyidi Hasibuan mengatakan, sudah seharusnya para anak-anak didik di lingkungan sekolah diberikan penyuluhan tentang kesehatan.

"Saya berharap, pelayanan kesehatan dengan program mengunjungi sekolah - sekolah untuk memberikan pengetahuan kepada siswa agar dapat berjalan secara berkesinambungan, bukan sekadar di peringatan hari kesehatan gigi dan mulut sedunia saja, tetapi dapat dijadikan program penguatan promosi kesehatan," tambahnya.

Sebelumnya dr. Hartati menjelaskan, kampanye kesehatan di lingkungan pendidikan dapat berjalan secara terprogram dan harus dilaksanakan pihak dinkes. Mengingat masalah kesehatan, menjadi faktor penting dalam kehidupan manusia.

"Tentu dibutuhkan wawasan pengetahuan yang baik tentang kesehatan yang dapat memberikan manfaat untuk kesehatan umum menuju kesejahteraan, pendidikan dan pengembangan anak," tandasnya.