LABUHANBATU - Dari pengalaman Perkemahan Tarunas Ke- 1 Tahun 2017, perencanaan serta pelaksanaan kegiatan Tarunas ke-2 Tahun 2018 haruslah semakin baik dan berkualitas, maka lombanya lebih mengutamakan nilai kedisiplinan, kemandirian dalam bingkai metode kepramukaan. Demikian dikatakan Ka Kwarcab Prtamuka Labuhanbatu Hj. Siti Awal Siregar pada Pembukaan Perkemahan Tarunas ke- 2 Tahun 2018, Kamis (22/03/2018) di Lapangan Ikalia Labuhan Bilik, Kecamatan Panai Tengah.

Menurut Siti Awal Siregar, setiap perkemahan dilaksanakan di alam terbuka yang berpedoman pada Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka (ART 2013) Pasal 18 yang berbunyi kegiatan alam terbuka merupakan kegiatan Rekreatif Educatif dengan mengutamakan Kesehatan, Keselamatan dan Keamanan serta Memberikan pengalaman saling ketergantungan antar unsur-unsur alam dan kebutuhan untuk melestarikannya serta mengembangkan suatu sikap bertanggung jawab akan masa depan keseimbangan alam.

Dijelaskannya lagi, dalam suatu perkemahan, kehadiran Anggota Dewan Gerakan Pramuka, baik sebagai Pembina, Pendamping maupun Dewan Juri.

"saya berharap bersikap dan berperilaku berdasarkan kejujuran, kasih sayang, keadilan, kepatutan, kesederhanaan, kesanggupan berkorban dan rasa kesetiakawanan sosial sesuai tupoksinya masing-masing," pintanya.

Ketua Kwarcab Gerakan Pramuka 05 Labuhanbatu menyampaikan bahwa Kwarcab Labuhanbatu memberikan apresiasi yang tinggi kepada kakak sekalian yang telah menyelenggarakan kegiatan perkemahan di Tingkat Gudep, Tingkat Kwarran maupun Kwarcab.

"Kwarcab Labuhanbatu juga memberikan dukungan moril maupun materil dalam setiap kegiatan perkemahan, Kwarcab Labuhanbatu sedang mengupayakan Kantor Permanen Kwarcab Labuhanbatu dan sedang mengupayakan Bumi Perkemahan seluas lebih kurang 5 hektar di Kawasan bandar Kumbul," jelas Hj. Siti Awal siregar.

Pelaksanaan Perkemahan Tarunas Ke- 2 Tahun 2018 ini berlangsung dari 22-25 Maret 2018 dengan tema Membangun Generasi Muda Dengan Gerakan Pramuka.