Medan - Kisah gusur-menggusur jabatan oleh Gus Irawan Pasaribu di tubuh Partai Gerindra Sumut berlanjut.

Setelah dikabarkan beberapa bulan lalu mencopot jabatan 17 ketua DPC Gerindra kabupaten/kota, kali ini yang dilakukannya adalah mengganti Parlinsyah Harahap dari posisi Wakil Ketua DPRD Sumut.

Disebutkan DPP Gerindra sudah berkirim surat ke DPRD Sumut yang menyatakan pergantian posisi wakil ketua dari Fraksi Gerindra. Parlinsyah akan digantikan Sri Kumala.

"Ooo... Itu sudah lama suratnya masuk dari DPP Gerindra. Sekitar tanggal 12 lalu. Satu paket, Parlinsyah digantikan Sri Kumala," kata Ketua DPRD Sumut Wagirin Arman melalui sambungan telepon.

Ujar Wagirin yang berasal dari Fraksi Golkar, proses pergantian Parlinsyah sesuai ketentuan yang berlaku masih menunggu tahapan administrasi lanjutan. Gubernur harus menyurati Mendagri untuk menerbitkan surat ketetapan penggantian. Dengan demikian belum diketahui penggantian secara resmi dilakukan.

Menurut sumber dari internal Gerindra Sumut, Gus Irawan menggusur Parlinsyah karena dianggap sebagai orang dekat Ramces Simbolon. Ramces merupakan mantan Ketua Gerindra Sumut yang digantikan Gus. Semua "orang Ramces" dipastikan akan tergusur.

Akibat diadukan Gus, Ramces sempat diperiksa penyidik dari Polda Sumut.