LABUHANBATU - Polres Labuhanbatu menggelar Focus Group Discussion (FGD) dalam rangka penguatan sinergitas Polres Labuhanbatu dengan elemen masyarakat dan instansi dalam penanggulangan tindak pidana narkotika di kabupaten Labuhanbatu, Kamis (22/3/2018) pagi tadi. Kegiatan yang berakhir pada pukul 12.30 siang tadi, menghasilkan beberapa kesimpulan.

"Kesimpulan kegiatan kita tadi yakni timbulnya semangat baru dan tidak ada keraguan dalam memberantas tindak pidana narkoba. Masyarakat juga bersedia membantu kepolisian dalam memberantas penyalahgunaan narkoba di wilayah ini," sebut Kapolres Labuhanbatu, AKBP Frido Situmorang.

Sebelumnya, dalam forum diskusi tersebut, Kasat Binmas AKP Edi Sidauruk yang diunjuk sebagai moderator menjelaskan, kegiatan yang dilaksanakan ini lebih daripada pencegahan dan upaya perang terhadap narkoba.

Untuk itu, dia mengajak masyarakat, mulai dari RT, RW, Kepling, lurah dan Camat serta tokoh masyarakat alim ulama untuk ikut terlibat dalam melakukan sosialisasi kepada masyarakat, di lingkungan masing-masing untuk peduli terhadap lingkungan.

"Contohnya apabila ada masyarakat yang terlibat menjadi pemakai atau pengedar segera lakukan kunjungan, berikan pandangan yang positif kepada warga tersebut, sehingga dengan demikian para korban pemakai menjadi jera dan ada seperti shock terapi agar tidak menggulang kembali perbuatannya," jelasnya dalam forum tersebut.

Sementara itu, mewakili tokoh pemuda, Ketua DPD KNPI, Hamzah Sya'bani Nasution menyambut baik kegiatan yang dilaksanakan Polres Labuhanbatu.

"Kami siap mendukung pihak kepolisian dan pemerintah daerah dalam mengkondusifkan Kabupaten Labuhanbatu, khususnya dalam melawan maraknya penguna dan peredaran narkoba," tegasnya.

Dia juga menyarankan dibuatkannya suatu MoU penerimaan siswa baru untuk tingkat SMA dan diwajibkan tes urine.

"Apabila ditemukan salah satu dari calon siswa positif menggunakan narkoba, dibuat pernyataan tidak boleh bersekolah di Kabupaten Labuhanbatu, dan wajib dilakukan rehabilitasi," sebut Hamzah saat memberikan sarannya pada acara itu.

Dalam forum diskusi ini, ada tiga narasumber yang hadir yakni mewakili Kasat Res.Narkoba Polres Labuhanbatu Kbo Res.Narkoba Polres Labuhanbtu Iptu J Purba, Kadis Kesehatan Labuhanbatu, Tinur Bulan Harahap, Ketua MUI, Ustad H. Darwis LC, dan Ka. Kan Kemenag H. Sarifuddin Harahap. Dihadiri pula Dandim 0209/LB yang diwakilan Pasi Ops Kodim 0209/LB Kapten Inf. W Raja Gukguk, mewakili Bupati Labuhanbatu Ka.Kan Kesbang Pol Labuhanbatu, H.Hasnul Basri.