PALAS - Tim Medis Dinas Kesehatan Kabupaten Padang Lawas akan melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap 467 calon jemaah haji (Calhaj) tahun 2018. Para Calhaj akan menjalani pemeriksaan kesehatan lanjutan di laboratoriun Dinkes yang berada di lingkungan halaman RSUD Sibuhuan. Pemeriksaan ini direncanakan berlangsung selama 6 hari dimulai 2-6 April mendatang.

Kadis Kesehatan Palas, Hj. Leli Ramayulis didampingi Kabid Yankes Amelia Roitona mengatakan, pemeriksaan kesehatan diawali dengan pendaftaran nama Calhaj. Selanjutnya calhaj akan menjalani pemeriksaan medis oleh tim dokter serta pemeriksaan di laboraturium terkait test urine bagi ibu yang hamil dan pemeriksaan gula dan vaksinasi meningitis (pencegahan radang selaput otak).

"Setiap calhaj diperiksa kesehatannya, mulai dari gangguan radang otak, penyakit gula serta urine, sehingga dapat diketahui secara pasti penyakit yang diderita. Sehingga dapat diberikan obat untuk mengantisipasi gangguan kesehatan yang diderita," ujarnya, Kamis(22/3/2018).

Penyakit yang diderita setiap calhaj, imbuh Leli, secara intensif diberikan obat dengan tujuan agar ketika berangkat menunaikan ibadah haji, kondisi kesehatannya terjamin.