JAKARTA - Mantan jurnalis sekaligus Politikus Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Mafirion resmi menjadi anggota DPR RI setelah dilantik oleh Ketua DPR RI Bambang Soesatyo dalam Rapat Paripurna ke-20 Masa persidangan IV Tahun Sidang 2017-2018, Jakarta, Selasa (20/3/2018).

Mafiron dilantik sebagai anggota DPR Pergantian Antar Waktu (PAW). Politikus PKB dari daerah pemilihan Riau ini menggantikan Wakil Ketua Komisi II Lukman Edy yang mengundurkan diri karena ikut bertarung pada Pilgub Riau 2018.

Mafirion diangkat sebagai anggota DPR berdasarkan Keppres No.57/P.Tahun 2018 tanggal 16 Maret 2018.

Mafirion yang dipandu Ketua DPR RI Bambang Soesatyo saat mengucapkan sumpah sebagai anggota DPR mengatakan akan memenuhi kewajibannya sebagai anggota DPR sebaik-baiknya dan seadil-adilnya sesuai peraturan perundang-undangan dengan berpedoman pada Pancasila dan UUD NRI 1945.

Dalam menjalankan kewajiban, Mafirion menegaskan akan bekerja dengan sungguh-sungguh demi tegakknya kehidupan berdemokrasi dan mengutamakan kepentingan bangsa dan negara daripada kepentingan pribadi dan golongan.

"Saya akan memperjuangkan aspirasi rakyat yang saya wakili dan siap mewujudkan tujuan nasional dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia,” kata pria kelahiran Pulang Kijang, Reteh, Inhil, Riau, 54 tahun lalu itu.

Mafirion yang pernah menjadi anggota Komite Eksekutif PSSI itu mengaku siap ditempatkan di komisi manapun. Dia siap berjuang untuk kepentingan Riau di komisi berapapun.

"Saya siap ditempatkan di Komisi apapun oleh Ketua F-PKB. Saya siap berjuang untuk Riau di Senayan ini," ujarnya.

Selain Mafirion, lima calon legislator F-PKB lainnya juga dilantik. Mereka adalah Nur Yasin menggantikan Hadi Zainal Abidin dapil Jatim IV, Faisol Riza menggantikan Abdul Malik Haramain dapil Jatim II, Anwar Rachman menggantikan Hj. Ida Fauziah dapil Jatim VIII, Lilis Santika menggantikan Maman Imanulhaq dapil Jabar IX dan Lukmanul Hakim menggantikan Hj. Anna Mu’awanah dapil Jatim IX serta Aryanto Munawar menggantikan Musa Zainuddin dapil Lampung I.

Lima anggota DPR lainnya yang juga dilantik sebagai PAW adalah Jacky Uly menggantikan Viktor Bungtilu Laiskodat dari Fraksi Nasdem Dapil NTT II, Dja’far Shodiq menggantikan Slamet Junaidi dari Fraksi Nasdem dapil Jatim XI. Sedangkan tiga anggota lainnya adalah Ei Nurul Khotimah (F-PKS) menggantikan Zulkieflimansyah dapil Banten II, Abdul Hakam Naja (F-PAN) menggantikan Andriyanto Johan Syah dapil Jateng X dan Sudiro Asno (F-Hanura) menggantikan Miriam S. Hariyani dapil Jabar VIII.

Berikut Ini Perjalanan Karier Mafirion.

Mafirion lahir di Pulang Kijang, Reteh, Inhil, Riau, 30 Maret 1964.

Ia memiliki riwayat karier dari mulai menjabat Direktur PT Aztec Ladang Surya, Ketua Umum/Pemilik Klub Deltras Sidoarjo, Jatim (2011-sekarang), Ketua Komite Tetap Media dan Ketua Komite Tetap Status dan Alih StatusPemain Pesatuan Sepakbola Indonesia (PSSI), Jakarta-Indonesia (2005-2011).

Kemudian ia juga pernah menjabat sebagai Ketua Umum Pengurus PSSI provinsi Riau (2003-2009), Wakil Ketua Asosiasi Televisi Lokal Indonesia (ATVLI) Jakarta-Indonesia (2005-2008), Direktur Operasi PT Operasi PT Sarana Pembangunan Riau (BUMD Pemerintah provinsi Riau) Pekanbaru-Riau (2004-2006), Bendahara Asosiasi Televisi Lokal Indonesia (ATVLI) Jakarta-Indonesia (2002-2005), Ketua Harian Pengda Taekwondo Indonesia (TI) Riau (1999-2003).

Ia juga tercatat pernah menjadi Pemimpin Redaksi Sijori Pos (Batam Pos), Batam, Direktur Sumut Pos dan Pos Metro Medan, Medan, Direktur Pekanbaru Pos, Pekanbaru, Direktur Televisi, Pekanbaru, Direktur Batam Televisi, Batam, Pendiri/Deklarator Asosiasi Televisi Lokal Indonesia (ATLI), Jakarta-Indonesia (2002), Jurnalis Harian Kompas Indonesia (1990-1996) dan Jurnalis Harian Pelita provinsi Riau, Indonesia (1988-1990).***