MEDAN - Harga bawang putih di Kota Medan merangkak naik. Lonjakan harga bawang putih terpantau tidak seperti biasanya. Menurut Ketua Tim Pemantau Harga Pangan Sumut, Gunawan Benjamin lonjakan yang terjadi secara tiba-tiba dan tidak membutuhkan waktu yang lama.

Proses kenaikannya sangat spontan. Diawali sempat naik Rp1.000 dari Rp25 ribuan per kg, kini mencapai Rp30 ribuan.

"Harga bawang putih yang sebelumnya setara dengan harga bawang merah dikisaran Rp25 ribuan, sekarang sudah Rp35 ribuan per kg," ujarnya, Rabu (21/3/2018).

Diutarakannya, bahkan sejumlah pedagang menjual bawang putih di angka Rp40 ribu per kgnya.

"Kita berharap TPID (Tim Pengendali Inflasi Daerah) Sumut maupun pihak terkait melakukan stabilisasi harga bawang putih tersebut. Sebab, pada dasarnya bawang putih ini dihasilkan dengan cara impor," sebut Gunawan.

Ia menuturkan, lebih dari 90 persen kebutuhan bawang putih didatangkan dengan cara impor. Jadi, memang untuk meredamnya saat ini juga bisa dilakukan dengan cara mengimpor.

"Harga kebutuhan pokok lainnya masih terpantau stabil, seperti bawang merah yang dijual sekitar Rp24 ribu hingga Rp26 ribu per kg. Begitu juga sejumlah harga kebutuhan sayur mayur yang cenderung mengalami penurunan," pungkasnya.