TAPSEL – Dengan Tema 'Mewujudkan Perencanaan Pembangunan Infrastruktur Tahun 2019 Yang Aspiratif, Selaras Dalam Rangka Optimilasi Pencapaian Sasaran Pembangunan'.

Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel) H Syahrul M Pasaribu membuka acara Forum Perangkat Daerah Bidang Infrastruktur Kabupaten Tapanuli Selatan yang digelar di aula Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang Kabupaten Tapsel.

H Syahrul M Pasaribu dalam sambutannya mengatakan," Wujud perencanaan pembangunan infrastruktur yang aspiratif dan selaras dapat mengoptimilisasi pencapaian sasaran pembangunan," ujarnya.

Lebih lanjut dia (Bupati) mengatakan, pelaksanaan forum perangkat daerah/lintas perangkat daerah bidang infrastruktur merupakan program nasional Nawa Cita yang ketiga Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo yang berbunyi,'Membangun Indonesia dari pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka Negara Kesatuan', 
"Jokowi juga sangat menekankan pentingnya pembangunan infrastruktur sebgaimana sambutannya pada ground breaking jalan tol Padang-Pekanbaru tahap I tanggal 9 Februari 2018 lalu," jelas Syahrul.

Dia menjelaskan pihak ingin memenangkan persaingan dengan negara lain, yang pertama kita harus mengerjakan dibidang infrastruktur, karena dengan infrastruktur inilah biaya transportasi maupun biaya logistik akan jauh lebih murah.

"Pembangunan infrastruktur akan mendorong terbukanya trayek angkutan umum sehingga, masyarakat akan mudah melakukan perjalanan dan waktu tempuh perjalananpun akan semakin singkat serta hasil dari masyarakat yang menjadi petani baik padi, sawit dan karet akan mudah dijangkau, begitu juga dengan infrastruktur baik irigasi, listrik, air minum dan sanitasi yang baik akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat,"beber Bupati yang telah menjabat 2 periode ini.

"Semoga melalui forum ini kita dapat menghasilkan program-program yang dapat menyentuh aspirasi masyarakat untuk dapat mengedepankan efisiesi dengan skala prioritas, konektifitas berbagai jaringan baik dipusat maupun didaerah,"akhirnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Chairul Rizal Lubis dalam laporan yang disampaikannya mengatakan, kegiatan forum ini merupakan Implementasi dari Permendagri Nomor 86 Tahun 2017 tentang Tata Cara Perencanaan, Pengendalian dan Evaluasi Pembangunan Daerah, Tata Cara Evaluasi Rancangan Peraturan Daerah tentang RPJPD dan RPJMD serta Tata Cara RPJPD, RPJMD dan RKPD.

"Ini merupakan salah satu proses yang harus dilaksanakan dalam penyusunan rencana kerja tahunan untuk melaksanakan forum perangkat daerah/lintas perangkat daerah dibidang infrastruktur," terang Chairul.

Dia menegaskan forum ini terbagi dalam dua session, pertama paparan dengan keynote speaker Bupati Tapanuli Selatan dan paparan tentang bedah rumah, air minum/air irigasi, jalan nasional dan jalan provinsi, dan sebagai keynote speaker Bupati Tapsel H Syahrul M Pasaribu, Kadis Perumahan dan Kawasan Permukiman Provsu Ida Mariana, mewakili Kepala BWSS 2 Herbert, mewakili Kepala Satker Jalan Nasional Agus dan mewakili Kadis Bina Marga dan Bina Konstruksi Provsu Iswahyudi.

Forum ini diikuti juga oleh Asisten Ekbang Saulian Sabbih, Para Pimpinan OPD, Pimpinan Asosiasi Konstruksi, Dekan Teknik UGN, Para Camat, Para Kades/Lurah dan pihak Perusahaan yang ada di Kabupaten Tapanuli Selatan.