MEDAN - Stadion Teladan Medan siap untuk menjadi tempat pertandingan home base Ayam Kinantan pada Liga 1 2018. Sebab, sejumlah catatan tim verifikasi PT Liga Indonesia Baru (PT LIB) terhadap stadion kebanggaan masyarakat Kota Medan tersebut telah dipenuhi oleh Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP). Kepala DKP Kota Medan M Husni mengatakan, dari 15 item hasil penilaian tim verifikator PT LIB yang meninjau langsung ke stadion tersebut, hanya 1 item menjadi catatan yakni masalah pencahayaan. Namun, saat ini 1 item itu sudah dikerjakan tuntas.

"Sudah tidak ada masalah lagi karena kita telah menambah 18 bola lampu. Pencahayaannya telah mencapai 818 luks, dari standar yang ditetapkan 800 luks," kata Husni, Jumat (16/3/2018).

Diutarakannya, penambahan bola lampu dilakukan pada bagian tribun terbuka dan tertutup. Karena, bagian itu yang menjadi catatan tim verifikator PT LIB.

"Saat ini stadion sudah siap menjadi tempat pertandingan Liga 1 2018 dan tinggal dilakukan perawatan. Kita pun telah menyiapkan gensetnya dan berkoordinasi dengan PLN untuk menambah daya listriknya," sebut Husni.

Ia menambahkan, saat ini pihaknya sedang menunggu surat resmi dari PT LIB untuk digunakan dalam pertandingan Liga 1 tahun ini. Artinya, tim verifikator tidak ada lagi melakukan verifikasi ke lapangan.

"Mudah-mudahan suratnya segera keluar dan masyarakat Kota Medan bisa menyaksikan tim kebanggaan mereka berlaga di kompetisi bergengsi tersebut," imbuhnya.

Sebelumnya, Verifikator PT LIB, Surya Binanga pada kunjungan keduanya ke Stadion Teladan akhir bulan lalu (26/2/2018) untuk melakukan verifikasi telah layak. Hanya saja tetap harus menambah standarisasi lampu.

"Kami sampaikan ke manajemen masih ada kekurangan di lampu. Tetap harus kami sampaikan laporan tertulis dari kondisi yang dipaparkan ke kami. Kekurangan yang ada harus segera ditambah. Jadi layak dengan catatan," ungkap Surya.

Untuk diketahui, 15 item yang menjadi penilaian, 14 item mendapat penilaian baik. Adapun 14 item penilaian itu meliputi ruang wasit, ruang pers, ruang home team, ruang away team, ruang VIP, toilet, ruang P3K, ruang tes urine, ruang match comisioner, akses pemain, scoring board, lapangan, genset serta akses ambulans.