LABURA - SEBAGAI upaya TNI dalam menerapkan wawasan kebangsaan terhadap pelajar, Kodim 0209/LB terus menggelorakan Satuan Karya (Saka) Pramuka Wira Kartika di wilayah teritorialnya. Hal ini terlihat pada pelaksanaan apel perdana di Aula SMUN 1 Kecamatan Kualuh Hulu Kabupaten Labura, Kamis (15/3/2018). "Satuan Karya Pramuka Wira Kartika merupakan salah satu gerakan Pramuka yang bersifat nasional. Ini dibentuk lewat kerjasama antara Kwartir Nasional dengan TNI Angkatan Darat, yang bertujuan untuk mengembangkan pendidikan bela negara," ujar Dandim 0209/LB Letkol Czi Denden Sumarlin melalui Danramil 01/AK Mayor Inf Thamrin Hasibuan.

Saka wira kartika, kata dia, merupakan wadah kegiatan bagi Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega untuk meningkatkan kesadaran bela negara melalui pengetahuan dan keterampilan di bidang matra darat.

"Tujuannya, membentuk patriot bangsa yang setia, berbakti, dan menjunjung tinggi nilai luhur bangsa serta tetap menjaga keutuhan NKRI. Matra darat sendiri dapat diartikan sebagai segala aktifitas dan kegiatan yang dilakukan secara terorganisir, perorangan ataupun kelompok yang memanfaatkan kondisi alam di darat seperti hutan, gunung, rawa, dan sungai," urai Mayor Thamrin.

Di samping itu, pendidikan ekstra kurikuler ini juga merupakan satu metode realisasi wawasan kebangsaan yang menciptakan generasi muda hebat dan bermartabat, serta menjauhkan pelajar dari bahaya narkoba.

Pelaksanaan apel yang diikuti sebanyak 200-an pelajar pramuka tersebut berjalan khidmat. Tampak antusias gerakan pramuka Saka Wira Kartika dalam mengikuti sejumlah kegiatan lainnya.