PADANGSIDIMPUAN - Terkait kabar akan pindahnya kantor Kepolisian Resort Kota Padangsidimpuan ke Padang Lawas (Palas), beberapa bulan terakhir ini menjadi perbincangan hangat masyarakat Tapanuli bagian Seltan (Tabagsel) khususnya warga Kota Padangsidimpuan.

Hal tersebut pun menjadi kontroversial, mengingat keberadaan kantor Kepolisian Resor Padangsidimpuan cukup lama dan telah memberikan kontributif nyata terhadap pelayanan masyarakat dalam menjalakan tugas pokok dan fungsinya sebagai lembaga Negara.

Ketua pengurus Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII) cabang Tapanuli Selatan (Tapsel), Dedi Suhendar Hutabarat mengatakan sangat menyayangkan apabila kepindahan kantor Kepolisian Resor Padangsidimpuan ke Palas direalisasi. Pasalnya, sesuai amatan kami sebagai PMII, di wilayah Kota Padangsidimpuan tindak kriminal apalagi penyalahgunaan Narkoba (Narkotika dan Obat-obat terlarang) belakangan ini grafiknya semakin tinggi sehingga mengkhawatirkan, hal ini tentu membutuhkan penanganan yang lebih khusus dari pihak Kepolisian khususnya Polres Padangsidimpuan.

Oleh karena itu, jika Polres Padangsidimpuan jadi pindah ke Palas, akan berpengaruh terkait kriminal dan Narkoba di wilayah Kota Salak ini,"ujarnya saat ditemui GoSumut, Senin (11/3/2018).

Lanjutnya, kinerja dan pencapaian Polres Padangsidimpuan dalam upaya memberantas tindak kriminal dan penyalahgunaan Narkotika di Kota Padangsidimpuan sungguh luar biasa, khususnya di bidang penanggulangan dan pemberantasan Narkoba.

"Bagaimana tidak, Terbukti dalam kurun waktu 3 bulan terakhir sejak kepemimpinan Kapolres sekarang (AKBP Hilman Wijaya) angka tindak kejahatan dan penangkapan pengedar serta pengguna Narkoba di kota ini turun drastis,"ujar Dedi.

Oleh sebab itu, kami dari PMII sebagai eksponen kemahasiswaan menolak jika pemindahan Polres Padangsidimpuan ke Padanglawas itu terjadi, dan PMII siap menjadi mitra Kepolisian di kota Padangsidimpuan dalam upaya melakukan kontrol sosial serta menciptakan kota yang aman,tentram, berbudaya dan beririman.

"Kami minta kepada bapak Kapolda Sumatera Utara Irjen Pol Paulus Water Pauw mempertimbang baik buruknya bila Polres Padangsidimpuan dipindahkan," akhir Dedi.