Medan - Wakil Gubernur Sumut, Nurajizah Marpaung mengimbau Bank Sumut untuk terus menjangkau masyarakat di daerah-daerah pedesaan. 

Selain untuk penetrasi bisnis, langkah jemput bola ini juga diharapkan mampu mendorong perekonomian.

"Bangun jaringan sebanyak-banyaknya hingga ke daerah. Jangkau semua lapisan masyarakat," katanya, di Medan, Minggu (11/3/2018).

Menurutnya, sebagai bank pembangunan daerah, Bank Sumut memiliki tanggung jawab untuk ikut serta memajukan perekonomian di Sumut. Kehadiran Bank Sumut diharapkan mampu menggerakkan ekonomi masyarakat, khususnya masyarakat di daerah-daerah.

Dia mengakui, hingga kini masih banyak masyarakat di Sumut yang belum terakses perbankan. Masyarakat dari desa harus menempuh jarak cukup jauh untuk ke bank. Layanan perbankan pun nyaris tak menyentuh mereka.

Untuk itu, pihaknya berharap, Bank Sumut selain membangun jaringan di daerah, juga mampu menelurkan produk-produk layanan keuangan yang sesuai dengan karakteristik masyarakat desa. Penyaluran kredit atau pembiayaan murah juga diharapkan terus ditingkatkan agar masyarakat bisa lebih leluasa mengembangkan usaha.

Ditambahkannya, Bank Sumut tak perlu ragu untuk melakukan ekspansi ke daerah-daerah karena dinilai akan memakan biaya operasional yang sangat tinggi. Memang kondisi itu tak bisa dielak, tetapi ke depan Bank Sumut akan merasakan manfaatnya.

"Ini bentuknya investasi jangka panjang. Dan yang paling utama, tanggung jawab untuk ikut memajukan ekonomi Sumut harus terlaksana," pungkasnya.