JAKARTA - PSSI melalui Asosiasi Sepak Bola Wanita Indonesia (ASBWI) menggelar turnamen Jakarta Equal Festival 2018 di Lapangan National Youth Training Center (NYTC), Depok, Jawa Barat, Minggu (11/3/2018).

Kegiatan ini sekaligus perayaan Hari Sepakbola Wanita Se-dunia yang jatuh pada 8 Maret. 

Sebanyak delapan tim mengikuti event ini yang dibagi dalam grup. Delapan tim tersebut yakni Benteng Muda, Binus, Gelora Muda, Goal Aksis, MFA Ladies, Persijap, Pro Direct Academy, dan Vasanta. Pertandingan juga menggunakan aturan tujuh versus tujuh dan digelar dua kali 20 menit.

Festival ini dibuka oleh Sekretaris Jenderal PSSI, Ratu Tisha Destria. Ia mengatakan ajang ini dapat digelar rutin agar mampu menyaring bibit-bibit pesepakbola wanita Tanah Air. 

"Kami report ke AFC tentang acara ini. Ini merupakan tonggak pertama, dan event kecil untuk kami meriahkan dulu. Harapannya nanti pada tahun-tahun berikutnya bisa diselenggarakan di setiap provinsi untuk mencari talenta-talenta di sepakbola wanita," ujar Tisha.

Tisha juga mengungkap rencana besar PSSI untuk menggulirkan Liga 1 Wanita. Klub-klub Tanah Air diharapkan di waktu mendatang dapat membentuk tim sepakbola wanitanya masing-masing.

"Kemeriahan ini cikal bakal PSSI bahwa nantinya Liga 1 women itu akan kami rencanakan dengan baik. Jadi klub-klub Liga 1 itu harus memiliki tim wanita. Persija Women, Arema Women dan lain sebagainya, karena itulah yang akan membuat gegap gempitanya sepakbola wanita," tambahnya. 

Sementara Komite Eksekutif PSSI, Papat Yunisal mengungkapkan bahwa ajang ini juga sebagai seleksi Tim Nasional Indonesia U-16 dan beberapa pemain Timnas senior. 

"Pelatih Timnas Wanita Indonesia dan Timnas Wanita U-16 juga memantau event ini secara langsung. Dari pemantauan tadi terlihat beberapa pemain layak untuk dipanggil Timnas Indonesia," jelas wanita yang juga Ketua ASBWI ini. 

Pada event ini, tim Vasanta keluar sebagai juara setelah mengalahkan Gelora Muda Putri di laga final dengan skor kemenangan 2-0. Sedangkan peringkat tiga ditempati oleh Goal Aksis. 

Daftar Peraih Penghargaan:

Best Kiper: Riska (Vasanta)

Best Defender: Nurjanah (Gelora Muda Putri)

Best Playmaker: Zahra (Goal Aksis)

Best Capten: Desy Amalia (Vasanta)

Best Penyerang: Mayang (Vasanta)

Best Assist: Yulita (Gelora Muda Putri)

Top Skor: Mayang (Vasanta) 4 Gol

Most Feminim: Serafina (Pro Direct).***