MEDAN - Jantung merupakan pusat sistem kardiovaskuler yang memiliki peran untuk mengatur hampir semua hal dalam tubuh. Mulai dari mendistribusikan oksigen sampai membantu kinerja sistem imun. Demikian disampaikan Tokoh Olahraga Sumut H Musa Rajekshah di peringatan hari jadi Klub Jantung Sehat Hermes Polonia, Sabtu (10/3/2018) di Hermes Place Medan.

Dikatakannya, jantung yang sehat tentu mampu membuat hidup dan jiwa yang sehat.

"Namun begitu, makanan yang kita konsumsi dan aktivitas yang kita lakukan dapat secara dramatis mempengaruhi kesehatan jantung. Untuk itu keberadaan klub jantung sehat ini sangat penting terutama sosialisasi pentingnya menjaga kesehatan jantung," kata pria akrab disapa Ijeck tersebut.

Dia berharap agar Klub Jantung Sehat Polonia bisa terus mengkampanyekan hal ini khususnya kepada generasi muda.

"Saya ucapkan selamat hari jadi yang ke-1 buat Klub Jantung Sehat Hermes Polonia. Teruslah berbuat untuk masyarakat banyak," tukasnya.

Ketua Klub Jantung Sehat Hermes Polonia Kelana Putra mengatakan klub itu sudah berdiri satu tahun lalu pada 4 Maret 2017.

"Setiap jumat rutin pemeriksaan jantung, cek darah hingga baksos. Klub ini juga mendapat penghargaan BPJS soal peserta jalan sehat," kata Kelana.

Pada peringatan hari jadi itu, panitia menggelar sejumlah kegiatan di antaranya donor darah, baksos, lomba senam jantung sehat dan fashion show.

"Perayaan ultah ini sekaligus sosialisasi tentang pentingnya kesehatan jantung. Khususnya anak muda. Saat ini jantung bukan urusan orangtua saja tapi anak muda juga," kata Kelana.

Ketua Yayaaan Jantung Indonesia Sumut diwakili Dr Sutomo Kasiman menilai masyarakat Sumut sadar tentang olahraga jantung sehat.

"Salahsatu parameternya yakni banyak klub jantung sehat di Sumut dan Klub Jantung Sehat Polonia ini salah satunya," kata Sutomo Kasiman.