MEDAN - Sekolah di Sumatera Utara melaksanakan gladi bersih Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) 2018, baik secara mandiri ataupun gabungan. Kadisdiksu Dr Arsyad Lubis melalui Ketua panitia UN Provsu August Sinaga mengatakan, dalam gladi bersih itu dilaksanakan sinkronisasi untuk jenjang SMA/MA/Paket C pada Jumat dan Sabtu (9-10/3). Sedangkan ujian 12-13 Maret 2018. Sebelumnya digelar sinkronisasi untuk jenjang SMK pada 2-3 Maret dan ujian 5-7 Maret.

“Sedangkan sinkronisasi untuk jenjang SMP/MTs/Paket B dilaksanakan 15-17 Maret dan ujian pada 19-20 Maret 2018,” kata August di ruang kerjanya kantor Disdiksu Jalan T Cik Ditiro Medan, Jumat (9/3/2018).

Disebutkan August, pelaksanaan gladi bersih UNBK 2018 ini sesuai surat edaran dari Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Penilaian Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dengan Nomor 2128/H4.4/EP/2018.

Dijelaskannya, pelaksanaan simulasi tersebut bertujuan sebagai tahap persiapan dan pengenalan aplikas UNBK terhadap peserta didik. Sehingga diharapkan nantinya para peserta didik memahami teknis pelaksanaan UNBK dari awal hingga akhir.

Selain itu juga bertujuan untuk mengecek kesiapan infrasruktur (komputer client dan server serta LAN akses internet) dan SDM dalam hal ini proktor dan teknisi di sekolah dan pusat.

“Gladi bersih UNBK 2018 ini merupakan tahap ke 3 sebagai persiapan akhir menjelang pelaksanaan UNBK,” ungkap August.

Diakui August, jadwal pelaksanaan UNBK dari pusat tersebut telah disebarkan Disdiksu ke seluruh Dinas Pendidikan kabupaten dan Kota di Sumut terkait pelaksaan geladi bersih itu.

Menurut August, berdasarkan laporan yang diperolehnya dari sejumlah Kadisdik kabupaten dan kota serta sekolah penyelenggara UNBK, pada umumnya semuanya menyatakan siap melaksanakan sinkronikasi dan ujian.

Kesiapan itu, kata August mulai dari pengecekan sarana prasarana (Sarpras) yang ada di sekolah tersebut dan beberap faktor pendukung lainnya, seperti kesiapan jaringan internet untuk menyambungkan ke server dan listrik untuk menghidupkan komputer yang dipakai peserta didik untuk UNBK.

Diakui August, pihaknya telah berkoordinasi dengan seluruh Kepala Sekolah untuk mengantisipasi segala sesuatu yang dapat terjadi dan menganggu kelancaraan saat pelaksaan gladi bersih UNBK tersebut.

“Satuan pendidikan UNBK wajib melaksanakan sinkronisasi dan melaksanakan gladi bersih semua mata ujian. Gladi bersih, setiap siswa wajib mengikuti paling tidak satu mata ujian,” pungkasnya.