MEDAN - Wakil Ketua Komite Olimpiade Nasional Indonesia (KONI) Pusat, Surya Dharma, mengapresiasi semangat besar Sumatera Utara dan Aceh untuk menjadi tuan rumah PON 2024.

Menurutnya, semangat itu bisa menjadi modal penting untuk memenangkan biding tuan rumah PON, Jumat (6/4) mendatang. "Kesiapan itu tidak hanya fisik saja, namun semangat juga penting. Saya rasa semangat Sumut-Aceh sungguh luar biasa," katanya.

"Tetapi, itu semua tergantung KONI Sumut dan Aceh lakukan lobi-lobi kepada KONI provinsi lain untuk cari dukungan. Kami hanya mengayomi semua calon tuan rumah. Jadi, kita pada posisi netral dan melihat secara objektif. Mana yang sesuai dan memenuhi syarat.”

Selain Sumut-Aceh, sebutnya, ada dua lagi yang mencalonkan diri, yakni Bali-NTB (tuan rumah bersama) dan Kalimantan Selatan (tuan rumah tunggal).

Setelah melaksanakan verifikasi venue yang ada di Aceh pada 3-5 Maret, pihaknya menyatakan jika Aceh secara fisik venue siap 70 persen menjadi tuan rumah.

"Dari verifikasi, secara fisik siap 70 persen. Sedangkan Sumut siap 69 persen. Tapi, kita lihat nanti seperti apa. Yang jelas, dengan potensi yang ada saat ini, itu sudah menjadi modal besar," ujarnya.

Begitupun, lanjut Surya, segala keputusan sepenuhnya ada ditangan pemerintah pusat terkait provinsi yang dinilai layak dan siap dalam segala hal menjadi tuan rumah PON.

"Semangat Sumut-Aceh ini harus diperlihatkan kepada pemerintah pusat. Bagaimana pun juga keputusan akhir tetap ditangan pemerintah. Perihal Munas pada April mendatang adalah siapa yang paling layak. Belum keputusan, hanya sebatas rekomendasi," imbuhnya.