ASAHAN - Warga di Kota Kisaran dibuat geger. Pasalnya, banyak ditemukan surat berharga seperti cek bernilai miliaran rupiah, surat tanah dan surat berharga lainnya, terletak begitu saja di sekitar rumah-rumah warga. Penemuan surat berharga itu kali pertama ditemukan Willer Anderson Pasaribu (47) warga jalan Batu Intan Kompleks Perumahan KPR BTN kelurahan Sidodadi, Kecamatan Kisaran Barat, Asahan. Dirinya menemukan selembar cek dan dua surat berharga lainnya dalam sebuah amplop di teras rumahnya.

Dalam Cek dengan logo Bank Danamon itu tertera angka Rp 2,7 miliar.

"Waktu saya mau ngantar anak saya sekolah, saya lihat ada amplop di teras. Nilainya Rp 2,7 miliar, tapi setelah saya teliti, cek itu palsu," kata Willer kepada awak media Selasa (6/3/2018).

Willer mengaku tidak mengetahui kapan cek tersebut bisa tergeletak di teras rumahnya.

"Enggak tahu saya, entah siapa yang meletakkannya. Tiba-tiba, sudah ada amplop di teras," katanya.

Dani, warga lainnya juga mengaku mendapatkan cek serupa didepan rumahnya. Hanya saja ia sudah meyakini barang yang ditemukannya tersebut palsu.

“Iya aku dapat juga tadi pagi bang, itu masih ada di rumah. Dalam cek itu, tertulis Rp. 2,7 miliar," katanya.

Terpisah, Kapolsek Kisaran Kota Polres Asahan Rianto mengaku telah mengetahui tentang cek palsu yang bertebaran di rumah-rumah warga tersebut. Akan tetapi, pihaknya belum menerima laporan masyarakat yang menjadi korban atas surat-surat berharga palsu itu.

Kendati demikian, Rianto mengimbau kepada masyarakat supaya waspada dan jangan mudah percaya jika menerima cek apalagi dari orang yang tidak dikenal. Sebab, bisa saja penyebaran surat berharga palsu itu sebagai modus penipuan.

"Jangan sampai mau menyerahkan uang, terutama kepada orang yang tak dikenal dengan jaminan cek palsu. Bisa saja itu modus penipuan. Jadi saya berharap kepada masyarakat supaya hati-hati. Kalau ada yang mencurigakan, silahkan lapor ke Polsek ataupun ke Polres Asahan," tandasnya.