JAKARTA - Tim nasional (Timnas) Softball Putra Indonesia tidak menjanjikan prestasi muluk pada Kejuaraan Asia Softball Asia Cup yang akan digelar di Lapangan Baseball & Softball Gelora Bung Karno Jakarta, 23-28 April 2018.

Tim pelatnas Asian Games 2018 yang akan diterjunkan hanya ditargetkan meraih perunggu sesuai hasil prestasi pada Asia Cup di Jepang 2016. 

"Target Timnas Softball Indonesia hanya meraih medali perunggu di Asia Cup 2018 menyamai hasil dua tahun lalu," kata Ketua Umum Pengurus Besar Perserikatan Baseball dan Softball Seluruh Indonesia (PB Perbasasi), Andika Monoarfa pada peluncuran kostum Timnas Baseball & Softball di Hotel Atlet Century Park Jakarta, Sabtu (3/3/2018). 

Asia Cup akan diikuti 12 negara yakni Jepang, China Taipei, Filipina, India, Pakistan, Singapura, Korea, Iran, Thailand, Malaysia, Hongkong dan tuan rumah Indonesia.

"Persaingan di Asian Cup 2018 cukup ketat. Sebab, Jepang yang merupakan juara dunia dan saingan terberatnya, China Thaipei menurunkan atlet terbaiknya," ungkapnya.  

Menurut Andika, ada dua keuntungan yang paling penting menjadi tuan rumah Asia Cup 2018. Pertama , sebagai ajang pemanasan bagi para atlet timnas sebelum menghadapi Asian Games di bulan Agustus nanti. Kedua, sebagai sarana pematangan dan uji kesiapan venue dan pengelolaan gelaran Asian Games 2018 nanti.  

"Di Asian Games 2028 kan sudah jelas sasaran Indonesia sukses prestasi dan sukses penyelenggaraan. Di Asia Cup 2018 ini, kita bisa melihat kelemahan Timnas dan peta kekuatan lawan nanti dalam upaya mengejar target tampil di semifinal. Dan, kita juga bisa melihat kekurangan dalam pelaksanaan pertandingan sehingga saat Asian Games nanti bisa lebih sempurna," jelasnya. 

Acara peluncuran kostum anyar Timnas Baseball dan Softball itu bertepatan dengan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) PB Perbasasi ke-51.

"Ini kostum resmi Timnas Softball dan Baseball yang akan dikenakan di ajang Asian Games 2018 mendatang. Dengan kostum wajah baru ini, saya berharap seluruh atlet makin bersemangat dalam menjalani latihan peltnas untuk memberikan yang terbaik bagi Indonesia," ujar Andika aembari menyebut kostum akan dikenakan atlet Timnas Softball pada Asia Cup 2018.***