LABUSEL - Camat Torgamba, Kabupaten Labuhanbatu Selatan, Azman Parapat membuka secara resmi Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) ke- IX dan Festival Seni Qasidah (FSQ) ke-X tingkat kecamatan di Lapangan Pondok Pesantren (Ponpes) Ar Rasyid Pinang Awan, Torgamba, Jumat (2/3/2018) sore kemarin. Acara MTQ dan FSQ tersebut, dihadiri unsur Muspika setempat, tokoh masrakat, Majelis Ulama Indonesia, Anggota DPRD Labusel, dan seluruh santri Ponpes Modren Ar-Rasyid.

Ketua Panitia Ali Poso mengatakan, dalam event ini ada beberapa jenis perlombaan yang diikutsertakan antara lain, tahtil, tartil, tapsir, hafis, tilawah Al Qur'an dan Qasidah.

Kegiatan ini berlangsung selama lima hari yaitu dari tanggal 2 s/d 6 Maret.

Azman Parapat, menyampaikan kegiatan ini digelar yang pertama untuk meningkatkankan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah Swt. Kedua, untuk memahami Al Qur'an. Ketiga, tidak ada lagi buta aksara di Kecamatan Torgamba. Dan keempat, untuk menanamkan cinta budaya islam.

"Alhamdulillah, sebanyak 325 peserta yang ikut dalam perlombaan ini, tentunya kita sudah mendapatkan Muri. Setidaknya ada 10 group," ujarnya.

Dirinya berharap tahun ini peserta dari Kecamatan Torgamba dapat meraih juara umun tingkat kabupaten yang akan dilaksanakan di bulan April nanti, di Kecamatan Sungai Kanan.

"Karena tahun kemarin Kecamatan ini meraih juara satu umum tingkat kabupaten dan saya berharap tahun ini mendapatkan juara satu umum lagi," harapnya.

Usai pembukaan, Azman Parapat beserta seluruh peserta dan tamu undangan lainnya melakukan pawai yang dimulai dari lapangan Ponpes Ar Rasyid menuju Cikampak lalu putar balik sampai SPBU Pinang Awan.