LABUHANBATU - Bupati Labuhanbatu, H Pangonal Harahap melalui Plt. Sekdakab Ahmad Muflih berharap agar komisi penyuluhan pertanian dapat memberikan kontribusi positif terhadap produksi hasil pertanian di Labuhanbatu. "Bagaimana yang selama ini mandek dan kita harapkan dengan adanya komisi ini akan ada perubahan yang signifikan terhadap produk-produk pertanian di Kabupaten Labuhanbatu," ujar Sekda, Kamis (1/3/2018) pada pelantikan Komisi Penyuluhan Pertanian Kabupaten Labuhanbatu Periode 2015-2020 di Aula Dinas Pangan yang dihadiri Kadis Pertanian, Kadis Kelautan dan Perikanan, Kadis Peternakan dan Plt. Kadis Pangan Kabupaten Labuhanbatu.

Selain itu, Sekda juga mengharapkan Komisi Penyuluhan ini bisa memberikan masukan kepada pemerintah terhadap kondisi, potensi serta permasalahan yang ada di lapangan.

"Saya berharap ada interaksi komisi penyuluhan ini langsung dengan masyarakat juga dengan para penyuluh," tandasnya.

Oleh karena, itu penyuluhan ini jadi sangat penting, walaupun ilmu penyuluh ini banyak, kalau ilmu komunikasinya kurang tentu tidak akan tersampaikan informasi tentang pertanian itu kepada petani atau masyarakat.

“Sehebat apapun kita, seprofesional apapun kita, kalau tidak mampu kita berkomunikasi maka ilmu yang kita peroleh atau yang ada pada kita itu tidak akan tersampaikan kepada petani. Oleh karena itu, Pak Sudarwanto berkomunikasi bagus, bagaimana menyampaikan informasi kepada penyuluh tentang teknik-teknik komunikasi sehingga pesan-pesan ini tersampaikan,” jelasnya.

Dengan adanya komisi ini, Ahmad Muflih berharap pembangunan di Kabupaten Labuhanbatu khususnya di sektor pertanian bisa lebih meningkat.

Sementara itu, H Sudarwanto selaku Ketua Komisi Penyuluhan Pertanian Kabupaten Labuhanbatu berharap adanya kerjasama yang baik dari para PPL atas kebijakan yang dikeluarkan Bupati.

"Sebenarnya inilah fungsi dari Komisi Penyuluhan supaya penyuluh ini bisa jalan di lapangan, kemudian yang menjadi sarana dan prasarana, operasional, gerak langkah PPL ini bisa tersauti oleh kepala daerah, sehingga ada kebijakan yang mampu mendorong secara prioritas di bidang pertanian yang dilakukan penyuluh dan suatu saat nanti diharapkan penyuluh ini mampu menjadi penyuluh yang pintar," jelas Sudarwanto.

Kepengurusan Komisi Penyuluhan Pertanian Kabupaten Labuhanbatu Periode 2015-2020 yang dilantik berdasarkan SK Bupati Labuhanbatu Nomor 800/29/DINPANG/2018 tanggal 21 Pebruari 2018 ini terdiri dari Ketua H. Sudarwanto, Wakil Ketua H. Pontas Harahap, Sekretaris Kepala Dinas Pangan Kabupaten Labuhanbatu, Anggota Kabag Hukum Setdakab, Kabid Kelembagaan dan Penyuluhan Dinas Pangan, Kabid Distribusi dan Cadangan Pangan Dinas PanganLabuhanbatu.

Kabid Ketersediaan dan Kerawanan Pangan Dinas Pangan, Kabid Penganekaragaman Konsumsi dan Keamanan Pangan Dinas Pangan, Kepala Seksi Penyelenggara Penyuluh Dinas Pangan, Kasi Pengembangan Kelembagaan Dinas Pangan, Kasi Informasi dan Komunikasi Dinas Pangan, Ketua KTNA Labuhanbatu, Supervisor STIPER Labuhanbatu, Wakil Ketua III STIPER Labuhanbatu, Koordinator Kelompok Jabatan Fungsional Dinas Pangan, Kelompok Jabatan Fungsional Sub Sektor Pangan, Kelompok Jabatan Fungsional Sub Sektor Perkebunan, Kelompok Jabatan Fungsional Sub Sektor Peternakan dan Kelompok Jabatan Fungsional Sub Sektor Perikanan.