Padangsidimpuan - Dalam rangka menyambut HUT Ke-72 Persit Kartika Chandra Kirana, Kamis (1/3/2018), Kodim 0212/TS gelar bakti sosial donor darah di aula Makodim Jalan Imam Bonjol, Kelurahan Aek Tampang, Kecamatan Padangsidimpuan Selatan Kota Padangsidimpuan. 

Bekerja sama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) cabang Tapanuli Selatan (Tapsel), Rumah Sakit (Rumkit) tingkat IV Losung Batu, donor darah ini bertujuan untuk membantu PMI melayani kebutuhan masayarakat melalui Bank Darah PMI, mengingat masih kurangnya stok darah di wilayah Tapsel maupun Kota Padangsidimpuan.

Dimulai pada pukul 10.00 WIB, Dandim 0212/TS Letkol Arm Azhari bersama istri yang merupakan ketua Persit Kartika Candra Kirana cabang 45 Kodim 0212/TS Nyonya Retno Azhari membuka acara bakti sosial tersebut, dalam amahnya, Dandim menyampaikan pihaknya melakukan bakti sosial Donor Darah ini dalam rangka menyambut HUT ke-72 Persit Kartika Candra Kirana Tahun 2018 ini.

"Pendonoran darah ini kita laksanakan sebagai bakti kita (TNI) untuk membantu masyarakat yang membutuhkan darah melalui PMI, bantuan yang kita berikan kepada masyarakat bukan berarti hanya dari segi materi. Karna, setetes darah yang kita donorkan, menyelamatkan ribuan nyawa bagi yang membutuhkan,"ujar Dandim sambil menuju meja pengisian blanko dan pemeriksaan kesehatan.

Hadir dalam bakti sosial ini Jajaran Kodim 0212/TS, Kepala Rumkit tingkat IV Losung Batu diwakili oleh Paur Tuud/Kainstalwatlan Kapt Ckmm Ali Azmi Nasution, Danton Kes Yonif 123/RW diwakili oleh Letda Inf Paduhusi Zega, Ketua PMI Kota Padangsidimpuan Nelmi Harahap, Pengurus Persit Kartika Candra Kirana cabang 45 Kodim 0212/TS, Ketua Persit KCK cab 47 Yonif 123/RW, Perwakilan Koramil terdekat jajaran Kodim 0212/TS, Ketua FKPPI Kota Padangsidimpuan Sawaluddin Harahap beserta anggota, Ketua PPM Kota Padangsidimpuan Okto Panda Tambusai beserta anggota, Masyarakat sekitar Makodim 0212/Ts dan puluhan Siswa SMAN 3 Kota Padangsidimpuan.

Sementara, ketua PMI Kota Padangsidimpuan Nelmi Harahap, dalam penjelasannya terkait Donor Darah, dia (Nelmi) mengatakan, bahwa manusia dewasa memiliki 5 liter darah didalam tubuhnya. Setiap hari sel darah kita berganti sehingga darah yang kita donorkan akan terganti dengan sendirinya. Selain membantu sesama yang membutuhkan darah, mendonorkan darah merupakan suatu hal yang baik bagi tubuh manusia.

"Tidak usah takut dan kwatir bagi anda yang baru pertama kali mendonor, efek samping dari Donor Darah hanya 1, yakni tubuh kita akan menjadi sehat," jelas Nelmi.

Tahapan donor darah ini dimulai dengan pengisian blanko dan pemeriksaan kesehatan pendonor, 340 orang peserta pendonor dari Personel Kodim 0212/TS, Persit cabang 45 Dim 0212/TS, Persit cabang 47 Yonif 123/RW, Personil Koramil Jajaran Kodim 0212/TS, Personil Yonif 123/RW, FKPPI, PPM, Siswa SMAN 3 Kota Padangsidimpuan dan Masyarakat Seputaran Kodim 0212/TS mendaftar sebagai pendonor, akan tetapi dari hasil pemeriksaan kesehatan para pendaftar, hanya 20 orang peserta yang dapat melakukan pendonoran, proses pengambilan darah berjalan lancar dan sekira pukul 19.00 WIB seluruhnya telah selesai dilaksnakan.