JAKARTA - Presiden Joko Widodo telah melantik Irjen Pol Heru Winarko sebagai Kepala Badan Narkotika Nasional (BNN) menggantikan Komjen Budi Waseso (Buwas) yang telah pensiun pada 1 Maret 2018 ini.

Wakil Ketua DPR RI Taufik Kurniawan berharap, Heru Winarko dapat meningkatkan kinerja BNN dan menghadapi tantangan yang cukup berat dalam menakhkodai BNN.

"Pertama, saya ucapkan selamat atas dilantiknya Irjen Pol Heru Winarko sebagai Kepala BNN. Jabatan Kepala BNN ini tak mudah, apalagi akhir-akhir ini Indonesia bak diserbu berton-ton narkotika. Pak Heru harus bisa menghentikan penyelundupan narkoba yang melewati daerah-daerah perbatasan," ujar Taufik di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Kamis (1/3/2018).

Selain itu, lanjut politisi F-PAN itu, pengawasan di pelabuhan ‘tikus’, khususnya di daerah perbatasan di seluruh wilayah Indonesia, juga menjadi tantangan.

Untuk itu, ia meminta kepada Heru untuk meningkatkan koordinasi dengan aparat terkait, seperti Kepolisian, Badan Keamanan Laut, Bea dan Cukai, Polair bahkan TNI.

"Kami berharap, Pak Heru dapat melanjutkan program-program Pak Buwas, dan meningkatkan programnya, sehingga penyalahgunaan narkotika di Indonesia tidak terjadi lagi. Termasuk membongkar peredaran narkoba di kalangan artis dan publik figur," pesan Taufik.

Diketahui, sebelum menjabat Kepala BNN, Heru mengawali karirnya dengan menjabat sebagai Kapolres Metro Jakarta Pusat.

Kemudian ia juga pernah menjabat Kapolda Lampung, sebagai staf khusus Menko Polhukam Luhut Binsar Panjaitan, dan Deputi Penindakan KPK. ***