MEDAN - Sebanyak 40.000 kader Partai Nasdem akan menjadi saksi dalam pelaksanaan Pilgubsu 2018. Hal ini disampaikan Ketua DPP Nasdem yang juga Koordinator Nasdem Wilayah Sumatera Utara, Martin Manurung usai pelantikan Komisi Saksi Nasdem (KSN), di Asrama Haji, Jalan AH Nasution, Medan.

"Kita mempersiapkan saksi Nasdem, tahap pertama 40.000. mereka nanti akan difungsikan untuk uji coba prosedur dan pelaksanaan saksi di Pilgubsu 2018," katanya.

Martin menambahkan, jumlah 40.000 saksi yang tergabung dalam KSN ini masih akan ditambah pada perekrutan tahap kedua sebelum berlangsungnya Pemilu Legislatif 2019. Dengan demikian total saksi Partai Nasdem yang siap di seluruh daerah di Sumatera Utara mencapai 75.000 pada pemilu 2019.

"Harapannya agar pemilu 2019 berlangsung sukses dan jujur serta adil. Karena saksi juga kan menjaga amanah, kalau tidak dijaga suara yang diamanahkan oleh warga kepada Nasdem bisa berbeda hasilnya di lapangan," pungkasnya.

Ketua KSN Wilayah Sumatera Utara, Natanael Ketaren, mengatakan, seluruh saksi yang dilantik hari ini siap untuk bekerja mendukung suksesnya Partai Nasdem pada Pilkada 2018 dan Pemilu Legislatif serta Pemilu Pilpres 2019.

"Kami KSN Nasdem siap dalam memenangkan pilkada 2018 dan pileg 2019 segenap hati dan tenaga dengan waktu yang kami miliki untuk mengawal dan memenangkan calon kepala daerah Nasdem, terutama menuju kemenangan Nasdem 3 besar di legislatif 2019," katanya dalam sambutannya.

Untuk mensukseskan kinerja para saksi ini, Natanael mengaku masih akan terus merekrut anggota hingga ke tingkat kecamatan dan ranting. Seluruhnya merupakan kader dari Nasdem yang dalam perjalanannya juga akan direkrut dari kalangan masyarakat.

"Kami diberi tugas memenuhi 1,5 juta anggota Nasdem. Dan kami siap melaksanakannya guna menyongsong kemenangan di Pileg 2019," pungkasnya.

Pelantikan KSN ini dihadiri oleh unsur pengurus DPP dan DPW Nasdem Sumut seperti Wakil Ketua DPP Nasdem Martin Manurung, Sekretaris DPW Nasdem Sumut Iskandar ST dan Ketua KSN Pusat I Gusti Putu Artha.