JAKARTA - Rapat Kerja Nasional Persatuan Cricket Indonesia (Rakernas PCI) berlangsung sukses. Dua hal penting yang dihasilkan yakni penetapan akan diadakan tiga Kejuaraan Nasional (Kejurnas) dan tidak ada pembatasan usia bagi para peserta Pekan Olahraga Nasional (PON) Papua 2020.

Keputusan itu disampaikan Ketua Panitia Pelaksana Rakernas PCI, KRT. Abhiram S. Yadav dalam acara penutupan Rakernas di Hotel Century Park Jakarta, Senin (26/2/2018). 

"Sebanyak 18 Pengprov PCI yang hadir di Rakernas mendukung penuh hasil Rakernas. Dan, mereka dipastikan akan mengirimkan tim yang akan tampil di tiga kejurnas yakni kejurnas U 17, U 22 dan Senior" katanya.  

Menyangkut masalah batasan usia PON yang semula ditetapkan 22 tahun, kata Abhiram, peserta Rakernas sepakat tidak ada pembatasan usia. 

"Tidak ada batasan usia peserta PON 2020 ini dipastikan akan membuat pertandingan crIcket PON bisa lebih ramai dan seru. Dan, keputusan ini sudah sesuai dengan keinginan organisasi cricket internasional (ICC)," katanya. 

Sebelum PON Papua 2020, PP PCI akan menggelar Babak Kualifikasi PON 2020 untuk menentukan 8 tim putra dan 8 tim putri yang akan mendapat tiket. Dan, Di PON Papua 2020 akan diperebutkan 6 medali emas.

Mengenai adanya reward and punishment yang diterapkan Ketua Umum PP PCI, Aziz Syamsuddin, kata Abhiram, sangat diapresiasi peserta Rakernas. Bahkan, mereka telah menyatakan tekadnya untuk mendukung seluruh program peningkatan prestasi atlet cricket ke depan. 

"Saya sudah melaporkan kepada pak Azis Syamsuddin mengenai hasil keputusan Rakernas dan juga komitmen peserta dalam mendukung program pembinaan cricket yang ditetapkan PP PCI," tandasnya. 

Diakui Abhiram, tugas dan tanggung pengurus PP PCI cukup berat mengingat adanya keinginan untuk bisa menembus peringkat 5 pada Cricket World Cup di Meoulborne, Australia 2019. Namun, dia yakin apa yang diinginkan tersebut bisa terwujud jika semua pihak terkait mendukung.

"Memamg berat tugas. Tapi, saya yakin tugas itu bisa dijalankan dengan baik jika semua pihak komit dengan tugas dan tanggung jawab yang diberikan," ujarnya. 

Sebelum terjun di babak kualifikasi Cricket World Cup, kata Abhiram, PP PCI akan menerjunkan Tim Cricket Indonesia pada Kejuaraan Cricket Internasional di Thailand, 4-14 Februari 2018, Bali Six di Bali, 30 Maret dan pengganti event Asian Games 2018 yang digelar di Incheon, Korea Selatan sekitar Agustus 2018.

"Ketiga event internasional ini akan dijadikan ajang uji coba dan evaluasi sebelum tampil pada  babak kualifikasi World Cup 2019 di Filipina, Desember 2018. Di babak kualifikasi ini, Indonesia menjadi tim unggulan," ujarnya.***