SAMOSIR - Pembangunan pelebaran alur Tano Ponggol Danau Toba, Pangururan, Kabupaten Samosir bersumber dari APBN murni Tahun Anggaran 2017-2019, dengan nilai kontrak Rp 313.339.211.900 dimulai ditandai dengan pemukulan gong, Senin (26/2/2018).

Masa pelaksanaan 730 hari, oleh penyedia jasa Basuki-Sacna, KSO, dan kontraktor pelaksana PT Basuki Rahmanta Putra-PT Sac Nusantara, KSO.

D ilokasi acara groundbreaking (peletakan batu pertama) pelebaran alur Tano Ponggol, Bupati Samosir Rapidin Simbolon, menyampaikan terima kasih kepada seluruh masyarakat, secara khusus masyarakat Tano Ponggol yang sudah bersedia membebaskan tanahnya.

"Semua daerah ini akan menjadi daerah wisata. Kita berharap, masyarakat mau dibina oleh pemerintah, agar daerah ini tidak kumuh," ucap Rapidin Simbolon.

Kkata Rapidin, semua demi kemajuan masyarakat. "Saya pastikan, tidak ada kepentingan pemerintah di sini, semua murni untuk kesejahteraan masyarakat, sesuai visi Pemerintah Kabupaten Samosir, mewujudkan masyarakat sejahtera, mandiri, dan berdaya saing, berbasis pariwisata dan pertanian," tegas Rapidin.

Dijelaskan, sebanyak 118 bidang tanah yang terkena dampak pelebaran alur Tano Ponggol, 75 bidang di antaranya sudah dibayarkan, dan 20 bidang lagi akan dibayarkan dalam waktu dekat.

Anggota DPR RI Roslinda Marpaung yang turut hadir pada acara groundbreaking, meminta kepada seluruh pemangku kepentingan, agar turut mengawasi pembangunan pelebaran alur Tano Ponggol.

"Demi kebaikan bersama dan untuk mendukung percepatan pembangunan alur Tano Ponggol, mari kita jaga dan awasi mulai dari awal pelaksanaan pembangunan alur Tano Ponggol ini," kata Roslinda Marpaung.

Dirinya juga mengapresiasi kebijakan pemerintah pusat, di mana atas pembangunan jalan lingkar luar Samosir, sepanjang 360 kilometer, dan dalam Samosir sepanjang 215 kilometer.

Diharapkan, selama proses pembangunan berjalan, pihak pelaksanaan kegiatan mengutamakan keselamatan kerja, kebersihan lingkungan, agar masyarakat sekitar tidak terganggu kesehatannya.

Peletakan batu pertama, juga dihadiri Wakil Bupati Samosir Juang Sinaga, Kapolres Samosir AKBP Agus Darojat, Kajari Samosir Edward Malau, Ketua DPRD Samosir Rismawati Simarmata, Sekda Samosir Jabiat Sagala, Asisten I Mangihut Sinaga, Asisten II Saul Situmorang, Asisten III Marsinta Sitanggang, para pimpinan SKPD, Tokoh masyarakat, dan masyarakat Tano Ponggol.