TAPSEL - Sebagai bentuk solidaritas terhadap warga Kabupaten Tanah Karo yang menjadi korban bencana erupsi gunung Sinabung yang terjadi pada 19 Februari lalu, membuat hati warga tersentuh melihat dampak erupsi Gunung Sinabung yang masih mengancam sampai saat ini. Apalagi, lahan perkebunan yang gagal panen akibat tersiram awan panas itu berdampak terhadap mata pencaharian warga di sekitar Sinabung yang mayoritas bertani.

Sebagai bentuk kepedulian dan empati antar sesama manusia khususnya di Sumatera Utara, Polres Tapanuli Selatan bersama dengan PC Nahdatul Ulama (NU) dan PMII (Persatuan Mahasiswa Islam Indonesia), mendirikan posko penggalangan bantuan untuk disalurkan langsung ke wilayah yang terdampak langsung erupsi Gunung yang berada di wilayah Tanah Simalem Sumatera Utara ini.

Posko yang didirikan di depan Mapolres Tapsel Jalan SM Raja, Sitamiang, Kota Padangsidimpuan sejak Rabu (21/2/2018) sampai Jumat (23/2/2018), dari hasil penggalangan tersebut berhasil mengumpulkan bantuan dari berbagai kalangan berupa, uang tunai sebanyak Rp 25,920 juta, beras 3,558 ton, mie instan 761 kotak, air mineral 14 kotak, pakaian siap/layak pakai 28 karung dan 8 kardus, gula pasir 3 karung (per karung 50 kg), biskuit Hatari 4 kardus, minuman rasa 8 kardus, minyak goreng 52 kardus dan makanan ringan/chitato 5 kardus.

Jumat (23/2/2018) sekira pukul 23.00, dilepas oleh Wakapolres Tapsel Kompol HR Dalimunthe, bantuan yang tekumpul dari hasil penggalangan Posko tersebut di berangkatkan langsung dari Mapolres Tapsel menuju Kabupaten Tanah Karo. Selain bantuan berbentuk materi, Polres Tapsel juga mengirimkan tenaga sukarela yang akan melaksanakan bakti sosial korban bencana alam Sinabung yg terdiri dari, 16 personel dari Polres Tapsel berikut tenaga medis 1 orang (dokter klinik Polres Tapsel), 4 personel Brimobdasu Den C Sipirok, PMII 8 orang, Nahdhatul Ulama (NU) 1 orang, GP ANSOR 4 orang dan 2 orang tenaga medis (1 dokter dan 1 perawat) RSUD Sipirok.

Sabtu (24/2/2018) sekira pukul 10.15 WIB, rombongan iring - iringan kendaraan yang mengatasnamakan 'Relawan Tapsel Peduli Bencana Sinabung' yang membawa bantuan sukarela spontanitas dari masyarakat Kabupaten Tapsel dan personil yang akan melakukan bakti sosial tersebut tiba di Polres Tanah Karo dengan selamat. Setelah melakukan kordinasi dengan petugas setempat, hari ini juga bantuan tersebut akan diserahkan kepada warga.

Kapolres Tapsel AKBP Mohammad Iqbal yang di hubungi melalui Whats Appnya, kepada media menjelaskan, aksi penggalangan 'Peduli Sinabung' ini dibuat bersama dengan Brimob Den C sipirok PC NU, dan PMII Tapsel.

"Ini sebagai bentuk wujud kepedulian kita terhadap sesama ummat manusia khususnya Tapsel terhadap musibah bencana yang melanda saudar-saudara akibat erupsi Gunung Sinabung di wilayah Tanah Karo," jelas Iqbal.