LABURA - Pemerintah Kabupaten Labuhanbatu Utara merealisasikan pembagian bantuan beras sejahtera (Rastra) Tahun 2018 kepada masyarakat tidak mampu. Di mana, pada penyerahan bantuan sebelumnya Rastra tersebut masih berstatus subsidi senilai Rp 1.500/Kg, kini telah digratiskan. "Dengan pembagian rastra gratis kepada masyarakat ini, saya melalui Pemerintahan Kabupaten Labuhanbatu Utara memberikan apresiasi kepada pemerintah pusat, diharapkan program ini dapat terus berlanjut," ujar Bupati Labura, H. Khairuddinsyah Sitorus usai penyerahan secara simbolis di Kantor Camat NA IX-X setempat, Jumat (23/2/2018).

Mengawasi pendistribusiannya, Bupati mengingatkan kepada seluruh aparatur pemerintahan setingkat Camat dan Lurah, agar tidak lagi meminta pembayaran dalam bentuk apapun kepada masyarakat.

"Sekali lagi saya tegaskan, rastra ini gratis. Kepada Camat, Kades dan kadus tidak ada lagi pengutipan terhadap masyarakat penerima manfaat. Saya minta segera didistribusikan secara tepat guna dan tepat sasaran," imbau H. Buyung Sitorus.

Di tempat yang sama, Danramil 07/AKB Kapten Czi PH Purba menyatakan siap mendukung perealisasian rastra gratis tersebut.

"Sepanjang itu untuk kepentingan masyarakat dan merupakan tugas kami dan perintah Bapak Dandim 0209/LB, agar bekerjasama dengan pihak Polsek Aek Kota Batu dalam mengawasi pendistribusiannya sehingga tepat guna, tepat waktu dan tepat sasaran," ungkap Danramil.

Selanjutnya, Kepala Bulog Rantauprapat, Rifmad Pinayungan menguraikan, pihaknya ditugaskan untuk membagikan beras Sejahtera (Rastra) mulai Januari sampai dengan Desember Tahun 2018 mendatang.

"Dahulu Dibagi 15 Kg dengan Subsidi harganya Rp.1500/Kg, dan Tahun 2018 ini akan dibagikan untuk setiap kepala keluarga penerima manfaat sebanyak 10 Kg tanpa dikenakan biaya pembelian alias gratis," jelasnya.

Saat ini, imbuhnya, unit wilayah kerja yang dinaunginya tinggal menunggu basis data terpadu agar seluruh masyarakat penerima rastra segera dapat menerima manfaat beras subsidi gratis dari pemerintah tersebut.