MEDAN - Kota Medan terpilih menjadi tuan rumah penyelenggaraan The 25th ASEAN-New Zealand Dialogue. Forum yang digelar untuk mendorong peningkatan kerja sama antar negara-negara ASEAN dan New Zealand yang diikuti 100 peserta dari 10 negara itu direncanakan berlangsung 10-11 April mendatang.

Direktur Kerjasama ASEAN Kementrian Luar Negeri, Benny Siahaan mengungkapkan, sebenarnya ada sejumlah kota yang telah diproyeksikan untuk menggelar The 25th ASEAN-New Zealand Dialogue. Namun, akhirnya sepakat memilih ibukota Provisi Sumatera Utara sebagai tuan rumah. Oleh karenanya Benny berharap Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin mendukung penuh. Sehingga dialog antar negara ASEAN dan New Zealand berjalan sukses dan lancar.

Dengan digelarnya dialog internasional tersebut, jelas Benny, tentunya memberikan efek positif bagi Kota Medan. Selain mempromosikan sebagai Kota MICE (Meeting, Incentive, Convention dan Exhibition) di Indonesia. Even ini juga dinilainya akan memberikan dampak dari sisi ekonomi menyusul hadirnya para peserta.

“Untuk dialog ASEAN-New Zealand kali ini, pesertanya berjumlah sekitar 100 orang dari 11 negara. Walaupun kita telah menjalin kerjasama dengan pihak Provinsi Sumatera Utara, tentunya dukungan Bapak Wali Kota sangat kita harapkan demi suksesnya acara. Apalagi kita tahu banyak kegiatan besar dan bersifat internasional berjalan dengan sukses dan lancar di Kota Medan,” kata Benny saat bertemu dengan Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin di Rumah Dinas Wali Kota Medan.

Selain menggelar dialog, Benny mengatakan kegiatan juga akan diisi dengan city tour. Seluruh peserta dialog akan dibawa mengunjungi sejumlah tempat bersejarah di Kota Medan. Sejauh ini ungkapnya, ada dua tempat yang telah direkomendasikan untuk dikunjungi yakni Istana Maimun Jalan Brigjen Katamso dan Tumah TJong Afie Jalan Ahmad Yani. Begitu juga untuk hotel yang digunakan untuk menginap para peserta, masih dijajaki.

“Yang pasti lokasinya di inti kota, tidak macet serta dekat untuk melaksanakan city tour,” ungkapnya.

Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin sangat berterima kasih kepada pihak Kemenlu RI yang telah menetapkan Kota Medan sebagai tuan rumah pelaksanaan The 25th ASEAN-New Zealand Dialogue. Kepercayaan itu tentunya semakin mengukuhkan Medan sebagai Kota MICE di Indonesia.

Dia mengungkapkan, Kota Medan sudah sering menggelar even berskala internasional. Salah satunya yang terbesar adalah pertemuan anggota Ekonomi Kawasan Asia Pasifik (Senior Official Metting III Asia-Pacific Economic Cooperation/SOM III APEC) pada Juli 2013.