JAKARTA - Gunung Sinabung di Sumatera Utara kembali erupsi. Pada hari Senin (16/2/2018) tercatat sudah memasuki tahun ke lima gunung tersebut mengeluarkan abu vulkanik.

Akibatnya, masyarakat disana juga merasakan efek negatif. Seperti tidak bisa beraktifitas seperti sedia kala, bercocok tanam dan lainnya. Tak sedikit pula warga mengungsi ke daerah-daerah yang tidak terjangkau oleh amukan Sinabung.

Untuk itu, Ketua DPR RI Bambang Soesatyo, mendesak pemerintah agar menyediakan lokasi baru bagi warga dan masyarakat terdampak erupsi gunung Sinabung tersebut.

"Ini sudah masuk tahun kelima, bukan hanya sekarang, pemerintah juga harus siap antisipasi hal-hal atau kemungkinan yang terjadi lima tahun mendatang," ujarnya kepada GoNews.co melalui siaran persnya, Selasa (20/2/2018).

Lanjut Bamsoet, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) juga diminta berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk dapat memperbaiki sarana dan prasarana yang berkaitan dengan keselamatan dan kesehatan warga di Kaki Gunung Sinabung.

"Saya minta, pemerintah Daerah (Pemda) dan Badan Pertanahan Daerah untuk menyiapkan lokasi baru bagi warga yang bertempat tinggal di kaki Gunung Sinabung, mengingat diprediksi bencana erupsi masih akan tetap berlangsung hingga lima tahun ke depan," tandasnya.

Selain itu kata Bamsoet, Pusat Vulkanolgi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) diminta tidak bosan-bosannya untuk selalu mengupdate dan memberikan informasi kepada warga tentang situasi dan kondisi status Gunung Sinabung.

"Saya juga mengimbau kepada masyarakat dan pengunjung/wisatawan untuk tidak melakukan aktivitas di dalam radius zona merah, guna mewaspadai potensi bahaya lahar," pungkasnya.***