LABUSEL - Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Labuhanbatu Selatan, Sumatera Utara, mengklaim proses pencocokan dan penelitian calon daftar pemilih (coklit) terkait Pilkada serentak 2018 sudah rampung 99%. "Gerakan coklit sudah kita lakukan sejak 20 Januari sampai dengan 18 Pebruari besok. Namun jumlah coklit sampai saat ini belum dapat informasinya dari petugas, tetapi secara rata-rata sudah mencapai sembilan puluh sembilan persen (99%)," kata Sumarno, SP Ketua KPUD Labuhanbatu Selatan, Sabtu (17/2/2018).

Lebih lanjut, Sumarno mengatakan sesuai waktu yang telah ditentukan, tanggal 18 Pebruari proses coklit sudah harus selesai. Dan sebanyak 782 petugas panitia pemutakhiran data pemilih (PPDP) yang tersebar di lima kecamatan, siap untuk mensukseskan coklit Pilgubsu 2018.

"Besok terakhir dilakukan coklit, barulah kita direkap, disitulah kita tau berapa jumlah keseluruhannya. Insya Allah, besok semua akan rampung," kata Sumarno lagi.

Untuk masyarakat yang belum memiliki e-KTP akan dimasukkan ke data yang belum lengkap. Sehingga data tersebut disampaikan ataupun dikoordinasikan dengan Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) untuk dilakukannya perekaman.

"Contohnya besok 18 FDisdukcapil melakukan perekaman di Desa Perlabian, hal itu berdasarkan coklit PPDP bahwa ada sekian orang belum memiliki identitas e-KTP kemudian kita sampaikan kepada Disdukcapil, lalu kepala desa membuat surat undangan ke Disdukcapil, sehingga Disdukcapil pun langsung turun ke lapangan. Bahkan hari Minggu pun Disdukcapil tetap melakukan perekaman ke lapangan," ungkap Sumarno.