PADANGSIDIMPUAN - Menjelang pelaksanaan Pilkada dan Pilgubsu secara serentak, Kodim 0212/TS melaksanakan sosialisi pembinaan netralitas TNI dalam Pilkada 2018 di Wilayah Kodim 0212/TS, Kamis (8/2/2018) di Aula Daulay Simorangkir Makodim Jalan Imam Bonjol, Kelurahan Padangmatinggi, Kecamatan Padangsidimpuan Utara, Kota Padangsidimpuan. Kegiatan kali ini, Kodim mengusung tema 'Melalui Kegiatan Pembinaan Netralitas TNI Dalam Pilkada 2018, Kita Wujudkan Komitmen TNI untuk tidak Berpolitik Praktis dan lebih Mengedepankan Kepentingan Bangsa dan Negara dalam Rangka Mendukung Tugas Pokok TNI-AD'.

Dandim 0212/TS Letkol Arm Azhari dalam sambutannya menyampaikan, sejatinya netralitas TNI merupakan kehendak rakyat. Hal itu diamanahkan dalam UU 34/2004 tentang TNI. Selain itu, netralitas TNI merupakan wujud nyata yang menunjukkan TNI benar-benar tak akan masuk ke politik praktis.

“Kita mengharapkan semua unsur TNI mendukung netralitas dan menciptakan keamanan di seluruh wilayah,” tegas Azhari.

Dandim 0212/TS menambahkan, tahun 2018 merupakan tahun politik bagi bangsa Indonesia. Tahun ini akan dilaksanakan Pilkada Serentak di berbagai daerah diseluruh wilayah Indonesia termasuk pemilih kepalah daerah di Kota Padangsidimpuan, Kabupaten Paluta, kabupaten Palas serta untuk pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Provinsi Sumatera Utara yang merupakan wilayah Kodam I/BB.

Pantauan media, turut hadir dalam acara ini, Ketua KPU Kabupaten Tapsel Syamsul Bahri Siregar, Staf Komisioner KPU Kota Padangsidimpuan, Hakim Bulan, Koordinator Divisi Penindakan Panwaslih Paluta, Staf KPU Kabupaten Palas, Berlin Toga Harahap, Ketua KPU Kabupaten Madina, Agus Salam, Para Perwira Staf Kodim 0212/TS, Para Danramil Jarjaran Kodim 0212/TS, Personil Kodim 0212/TS serta kurang lebih 150 undangan dari warga.