LANGKAT - Acara utama HAUL ke 94 Tahun Syekh Abdul Wahab Rokan Al Kholidi Naqsabandi yang berlangsung khidmat di Kampung Besilam Babussalam, Kecamatan Padang Tualang, Kabupaten Langkat, Rabu (7/2/2018) malam kemarin, turut dihadiri pasangan calon pemimpin Sumatera Utara, Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah. Tampak hadir juga, Wakil Gubernur Sumut, Nurhajizah Marpaung, Bupati Langkat, Kapolres Langkat, Ketua DPRD Riau, Septiana Rusli Zainal, mursyid, khalifah dan puluhan ribu jamaah Tareqat Naqsabandiyah di Sumatera Utara, dan beberapa provinsi lain di Indonesia. Hadir juga jemaag tareqat dari Malaysia, Brunei Darussalam, dan Thailand.

Dalam seremoni HAUL ke 94 ditandai dengan pembacaan sejarah Syekh Abdul Wahab Rokan, Edy Rahmayadi, yang juga bakal calon Gubsu, diminta untuk menyampaikan sambutan mewakili jamaah. Diketahui, baik Edy maupun Ijeck sudah lama menjadi bagian keluarga besar di sana.

"Saya berterimakasih diberikan kesempatan untuk berbicara dari mimbar yang besar, di tempat ini, bersama tuan-tuan guru yang saya muliakan," ungkapnya.

Edy mengatakan, dirinya bersama Ijeck, sapaan Musa Rajekshah, sangat berbesar hati menjadi bagian dari para ulama.

"Saya sendiri, sudah dibawa ayah saya ke Kampung Besilam Babussalam sejak kanak-kanak. Tahun 1969, saya sudah sampai ke tempat ini," kata Edy.

Edy mengatakan, sebuah daerah yang menjadi tempat berdiamnya para ulama dan berisikan penduduk yang memuliakan ulama sesuai tuntunan Islam, dia yakini akan menjadi daerah yang sejahtera dan bermartabat, contohnya seperti Kampung Besilam Babussalam.

"Keberadaan ulama, di topang dengan kepemimpin formal seperti kepala desa, sudah pasti membawa kebaikan bagi masyarakat. Saya sangat sepakat, jika umara dan ulama harus bersatu untuk pembangunan di satu daerah," pungkasnya.

Setelah Edy berpidato, kemudian acara dilanjutkan dengan pengangkatan sejumlah mursyid Tareqat Naqsabandiyah di 7 kabupaten/kota di Sumut dan Riau oleh Tuan Guru Babussalam, Syekh H Hasyim Al Syarwani.

Sementara, Musa Rajekshah yang ditanyai wartawan, mengatakan, peringatan HAUL ke 94 Syekh Abdul Wahab Rokan ini mestilah menjadi hikmah sebagai manusia dan hamba Allah SWT.

"Syekh Abdul Wahab Rokan adalah contoh bagi kita untuk selalu berbuat yang terbaik. Baik itu di hadapan Allah SWT, dan kepada sesama manusia. Ramainya jamaah yang datang ke sini, membuktikan Syekh Abdul Wahab Rokan adalah ulama besar dan kharismatik," pungkasnya.

Ijeck juga mengatakan, dirinya dan Edy Rahmayadi harus selalu bersyukur pada Allah SWT, karena selain mendapatkan bimbingan dari orang tua, mereka juga mendapatkannya dari para ulama sejak dini.

"Saya percaya, apa yang kami capai saat ini, misalnya Pak Edy yang berhasil menapak karir tinggi di TNI (Pangkostrad) merupakan berkah dari Allah SWT, atas bimbingan orang tua dan ulama," kata Ijeck.