LABUHANBATU - Selama kurun waktu tahun 2017, Badan Urusan Logistik (Bulog) Rantauprapat dipastikan tidak melakukan impor beras. Hal ini dikarenakan target capaian produksi beras pada tahun itu telah mencukupi untuk kebutuhan masyarakat di Labuhanbatu. "Stok untuk tahun 2017 lalu sebanyak 1.200 ton, target tercapai, sehingga kita gak impor beras untuk wilayah Labuhanbatu raya," ujar Kakan Silog Rantauprapat Rifmad Pinayungan, disela-sela kegiatan Panen Raya Kodim 0209/LB di Kelurahan Ujung Bandar Kecamatan Rantau Selatan, Labuhanbatu, Jumat (2/2/2018).

Kata Rifmad, capaian target tersebut, selain hasil kerja keras petani padi, juga merupakan langkah dan upaya Babinsa Kodim 0209/LB, dalam turut membantu dan memberikan motivasi kepada petani untuk dapat menciptakan peningkatan hasil produksi.

"Tentunya ada kontribusi Babinsa didalamnya, terima kasih kami kepada bapak Dandim atas dukungan Babinsa dalam memberikan bantuan tenaga dan motivasi terhadap petani," sebutnya.

Dalam kesempatannya, Dandim 0209/LB Letkol Czi Denden Sumarlin didampingi Kepala Dinas Pertanian Pemkab Labuhanbatu Agus Salim Ritonga, mengatakan, bahwa Panen Raya ini merupakan capaian kelompok Tani Damai, Kelurahan Ujung Bandar, Kecamatan Rantau Selatan, Kabupaten Labuhanbatu.

"Benih padi yang ditanam adalah varietas bibit invari 32, hingga saat ini kualitasnya bisa mencapai 4 sampai 5 Ton perhektar. Di samping itu, pihak Dinas Pertanian juga memberikan dukungan berupa bantuan bibit dan pupuk, sementara kita dari Kodim yakni sebagai Babinsa pendamping," ucap Dandim.

Terkhusus, Dandim meminta kepada seluruh kelompok Tani di bawah binaannya, untuk dapat terus memacu hasil produksi padi sebagai tujuan mewujudkan terciptanya Swasembada dan ketahanan pangan di wilayah teritorial Kodim 0209/LB.

"Kami terus berupaya mendongkrak semangat petani untuk dapat meningkatkan produksi padi di tahun 2018, ini bertujuan untuk mewujudkan swasembada pangan sebagai petani sejahtera, dan diharapkan agar petani tetap bertani tanpa tidak mengalihkan fungsi lahan persawahannya," tutup Dandim.

Pelaksanaan Panen Raya berjalan sukses dan lancar, tampak Dandim 0209/LB beserta jajaran, dan pihak pemerintahan setempat serta sejumlah kelompok tani turun ke sawah untuk menggelar panen bersama.