MEDAN - Pemko Medan akan mendampingi proses relokasi Pedagang Kaki Lima dari lokasi lama ke Pasar Marelan yang baru selesai dibangun. Pemindahan ini dimulai hari ini, Jumat (2/2/2018).

Proses pemindahan dilakukan dikarenakan dalam waktu dekat ini akan dilakukan peresmian Pasar Marelan oleh Wali Kota Medan, Dzulmi Eldin. Sekda Kota Medan, Syaiful Bahri Lubis berharap pelaksanaan pendampingan proses pemindahan dapat berjalan baik.

“Saya ingin nantinya proses pendampingan di lapangan bisa berjalan dengan baik, lancar, tidak ada terjadi hal-hal yang tidak diinginkan begitu juga dengan proses eksekusi konsinyasi sisa 6 persil lahan yang belum diambil biaya ganti ruginya oleh pemilik lahan,” ujar Syaiful.

Senada dengan yang dikatakan Syaiful, Kasatpol PP Kota Medan, Muhammad Sofyan sebagai pelaksana di lapangan menyebutkan dirinya bersama personil dan segenap stakeholder akan melaksanakan proses pendampingan dengan sebaik mungkin sesuai dengan arahan yang diberikan pimpinan.

“Saat ini proses pengundian nomor kios pedagang sedang berlangsung. Setelah itu barulah mulai besok para pedagang akan mulai bergeser memasuki kios yang baru,” sambung Syaiful.

Pihaknya juga akan melakukan komunikasi dengan para pemilik lahan. Sebelumnya dari 8 persil lahan yang di konsinyasi, baru 2 persil lahan yang sudah diambil biaya ganti ruginya di PN Medan. Sedangkan 6 persil lainnya yang dimilik oleh 4 Pemilik lahan belum diambil biaya ganti ruginya.

“Pemko Medan akan didampingi langsung oleh PN Medan besok akan melakukan eksekusi konsinyasi ganti rugi lahan tersebut,” sebut Sofyan.