Panwaslih Palas Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif Pemilih Pemula

Panwaslih Palas Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif Pemilih Pemula
Ketua Panwaslih Palas diwakili Komisioner Divisi Organisasi dan SDM Irham Habibi Harahap memberikan bimbingan kepada pelajar dalam kegiatan sosialisasi partisifatif pemilih pemula di SMK N 1 Barumun
Kamis, 01 Februari 2018 20:02 WIB
Penulis: Ibnu Sakti Nasution
PALAS - Memasuki pelaksanaan tahapan Pilkada Serentak 2018, Panitia Pengawasan Pemilih (Panwaslih) Kabupaten Palas menggelar sosialisasi pengawasan pemilu partisipatif pemilih pemula, Kamis (1/2/2018) di SMK N 1 Barumun.Kegiatan ini juga melibatkan peserta yang terdiri dari pelajar, mahasiswa, dan kalangan tenaga pendidik serta masyarakat.

Ketua Panwaslih Palas Abdul Rahman Daulay diwakili Komisioner Divisi Organisasi dan SDM Irham Habibi Harahap mengatakan, suksesnya penyelenggaraan Pemilu bukan hanya menjadi tanggung jawab penyelenggara yaitu KPU dan Bawaslu, namun juga menjadi tanggung jawab bersama seluruh elemen masyarakat.

"Peran serta masyarakat dan pemilih pemula (pelajar-red) sangat memberikan kontribusi yang besar dalam mengawal kualitas demokrasi," ungkap Irham.

Ads
Menurutnya, peran pengawas partisipasif antara lain memantau, mengumpulkan informasi, mencatat berdasarkan informasi yang diperoleh dan melaporkan kepada pengawas terdekat. Hal itu dilakukan pada tahapan pemilihan yang diawasi.

Pemilih pemula, lanjutnya, sebagai bagian dari masyarakat mempunyai peran penting, kelompok pemilih pemula sendiri antara usia 17 hingga 21 tahun, sebagai bagian dari masyarakat yang memiliki hak pilih punya peran penting turut berpartisipasi dalam pelaksanaan Pemilu.

"Melalui Pemilu yang demokratis diharapkan dapat memperoleh pemimpin yang legitimasi dan berkualitas dan terciptanya pemilu yang jujur, adil dan bermartabat, tentu partisipatif pemilih pemula memiliki andil penting dalam pesta demokrasi rakyat," pintanya dihadapan pelajar peserta sosialisasi.

www www