JAKARTA - Ketua DPR RI Bambang Soesatyo menegaskan, masyarakat khususnya umat islam yang sudah bersusah payah menabung dan menyicil biaya umrah atau haji, agar segera diberangkatkan.

Hal ini ia tegaskan, usai menerima rombongan dari Asosiasi Penyelenggara Umrah dan Haji di ruang kerjanya, Kamis (1/2/2018).

"Saya tadi menyampaikan, jangan sampai ada masyarakat yang dikecewakan. Kan kasihan kalau ada yang sudah susah payah nabung niat ibadah malah tak jadi berangkat," ujar Bamsoet.

Lanjut dia, Asosiasi Penyelenggara Umrah dan Haji di Indonesia juga harus memberikan sanksi tegas, jika ada anggotanya yang melakukan pelanggaran-pelanggaran.

"Kan ada juga beberapa kasus, dimana penyedia travel misalnya, menelantarkan jamaah, menipu jamaah, ini kan pelanggaran. Dan ini harus dilakukan tindakan tegas," paparnya.

Sementara itu kata dia, terkait keluhan-keluhan yang disampaikan oleh Asosiasi Pengusaha Travel Umrah dan Haji, Bamsoet juga berjanji akan melanjutkannya ke Komisi terkait.

"Semua aspirasi tentunya kita tampung, kita pelajari, dan nantinya akan kita sampaikan ke Komisi delapan untuk membahasnya," ujarnya.

Dari beberapa keluhan yang disampaikan kata Bamsoet, diantaranya adalah soal kuota dan susahnya para pengusaha mendapat izin.

"Pada intinya pemerintah sudah memberikan kuota untuk mereka. Namun kan jumlahnya ternyata tidak sesuai dengan yang dijanjikan. Jadi yang begini ini harus dicarikan solusinya," pungkasnya. ***