PALAS - Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Batang Bulu, Kecamatan Barumun Selatan memiliki makna tersendiri di antara Puskesmas yang ada di Kabupaten Padang Lawas. Pasalnya, di sepanjang pintu gerbang masuk Puskesmas berdiri Pondok Pesantren Darul Ma'arif di Desa Gunung Inten, Kecamatan Barumun Selatan. "Di antara 16 puskesmas yang ada di Kabupaten Palas, hanya Puskesmas Batang Bulu saja yang pintu gerbangnya ada Ponpes," ujar Wabup Palas drg H Ahmad Zarnawi Pasaribu CHt saat membacakan sambutan Bupati Palas H Ali Sutan Harahap pada peresmian gedung Puskesmas Batang Bulu, Selasa (30/1/2018).

Wabup pun menyakini, sebelum masyarakat berobat ke puskesmas yang di sekelilingnya sudah ada siswa/siswi ponpes yang melantunkan ayat-ayat suci Al Quran, tentunya ini juga akan menjadi obat bagi masyarakat.

"Sebelum masuk ke puskesmas penyakit sudah sembuh," jelas Wabup.

Selain itu, kata Wabup, penataan ruangan di Puskesmas Batang Bulu juga cukup baik. Di sepanjang dinding tertulis pula berupa nasehat-nasehat dan ajakan untuk hidup sehat.

"Keberhasilan puskesmas itu terlihat apabila masyarakat berkurang mengunjungi puskesmas. Artinya masyarakat yang kurang sehat menurun, dan promosi ataupun ajakan kepada masyarakat untuk berprilaku hidup sehat bisa diterapkan," ungkap Wabup lagi.

Wabup juga mengucapkan terimakasih terimakasih kepada kader posyandu yang telah berpartisipasi membantu bidan desa saat pelaksanaan posyandu di desa-desa.

Di tempat yang sama, Kadis Kesehatan Palas Leli Ramayulis didampingi Kepala Puskesmas Batang Bulu dr RM Daud Daulay mengatakan, Puskesmas Batang Bulu mempunyai 20 ruangan yang terdiri dari ruang pendaftaran, pemeriksaan umun, ruang UGD, ruang bersalin, ruang pasca bersalin, ruang kesehatan ibu dan anak, dan ruang air susu ibu (asi).

"Kemudian ruang apotek, layanan gigi dan mulut, ruang khusus TB paru, ruang imunisasi, ruangan laboratorium, dan ruangan pelayanan kesehatan lingkungan," terangnya.