JAKARTA - Bangunan masjid Baiturrahman Kelurahan Payobasung, Kota Payakumbuh, Sumatera Barat (Sumbar), mendadak ambruk, Sabtu (27/1) petang. Berdasarkan informasi sementara dari warga sekitar, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa yang terjadi setelah Ashar tersebut.

"Salah seorang guru TPQ yang baru saja usai mengajar sejumlah santri di TPQ masjid, Hendri Naldi menyaksikan ambruknya bangunan masjid dan mengabadikannya lewat kamera ponselnya. Menurutnya saat itu tak ada orang dalam masjid,"sebut Wahyu Uliadi ASN Kantor Kemenag Kota Payakumbuh, Sabtu (27/1) malam.

Ambruknya masjid di kampung alquran-nya Kota Payakumbuh ini, membuat warga kaget hingga berduyun-duyun melihat kondisi masjid ini.

Melihat bekas reruntuhan, diduga penyangga bangunan tidak kuat menahan beban kubah besar masjid yang dibangun tahun 2005-2006 lalu.

"Masjid di perkirakan berusia sekitar 100 tahun yang awalnya merupakan masjid usang Syariqatul Ihsan sebelumnya juga disebut masjid Pitopang Topi Agam atau," kata Wahyu Uliadi usai mendata peristiwa yang menimpa masjid.***