PALAS – Event Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) menjadi salah satu sarana edukasi bagi kafilah untuk lebih mengenal dan cinta AlQuran dalam sendi kehidupan di tengah keluarga dan masyarakat dalam memperkokoh keimanan dan ketaqwaan. Untuk itu, masyarakat di Kecamatan Aek Nabara Barumun diajak untuk membawa anak-anaknya menyaksikan even lomba membaca Al-Qur’an tingkat Kecamatan yang berlangsung di halaman kantor Kecamatan Aek Nabara Barumun.

“Even MTQ tidak hanya lomba membaca Al-Quran bagi pesertanya saja, tapi even ini menjadi sarana edukasi dan motivasi bagi Kafilah untuk belajar Al-Quran,” kata Bupati Palas H.Ali Sutan Harahap (TSO) membuka lomba MTQ Kecamatan Aek Nabara Barumun, Jumat (26/1/2018).

Di kesempatan itu, Bupati Palas juga memberikan beasiswa kepada puluhan siswa berprestasi dan bantuan CSR Bank Sumut Cabang Sibuhuan kepada masyarakat yang langsung dihadiri Pls Wakil Caban) Bank Sumut Sihuhuan Mena Devi.

Sebelumnya, Camat Aek Nabara Barumun, Pamonoran mengatakan, even MTQ ini berlangsung mulai 26-27 Januari 2018 dengan jumlah 400 peserta lebih yang akan diuji kemampuannya di ajang perlombaan MTQ.

“Kita ingin generasi muda tidak hanya melek teknologi informasi, tetapi sebagai pemuda muslim juga mesti mencintai Al-Quran," sebutnya.

Dia menambahkan, MTQ ini diharapkan bisa mengembangkan nilai-nilai agama yang lebih baik dalam pengamalan isi kandungan Alqur'an sebagai pedoman dalam kehidupan di tengah masyarakat.

MTQ Tingkat Kecamatan Aek Nabara Barumun yang bertemakan "Mari kita perkokoh kebersamaan dan jadikan Alquran sebagai pedoman hidup untuk mewujudkan masyarakat Padang Lawas yang Beriman, Cerdas, Sehat, Sejahtera dan Berbudaya (Bercahaya).

Melalui momentum MTQ ini, harap Pamonoran, dapat membangun hubungan ukhuwah islamiah sekaligus silaturrahmi sesama muslim dan juga bermanfaat bagi syiar agama dalam sendi kehidupan di tengah keluarga dan masyarakat dalam memperkokoh keimanan dan ketaqwaan.