MEDAN - Dinas Pemuda dan Olahrag (Dispora) Sumut melakukan seleksi terhadap 38 calon pelatih Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) Daerah Sumut di Kantor Dispora, Jl. Williem Iskandar, Medan. Ke-38 calon pelatih yang akan diseleksi berasal dari 11 cabang olahraga yang dibina PPLPD Sumut saat ini yakni: atletik, renang, bola voli, sepakbola, pencak silat, gulat, karate, angkat besi, judo, taekwondo, dan wushu.

Kadispora Sumut, Baharuddin Siagian mengatakan seleksi akan dilakukan secara ketat. Hal ini dikarenakan pelatih menjadi salah satu unsur paling penting dalam pembinaan atlet di usia pelajar.

“Pelatih ini sangat besar andilnya dalam pembinaan atlet. Terutama kita tahu PPLP ini adalah pelajar. Jadi kita akan seleksi dengan benar mana-mana pelatih yang memiliki program yang untuk kemajuan atlet," jelasnya, Rabu (24/1/2018).

Dikatakannya, PPLP akan menjadi laboratorium atlet di Sumut karena ada120 atlet yang dibina di PPLP Sumut saat ini. Ditargetkan pada event nasional, setengahnya memiliki prestasi nasional.

"Sekarang ada 120 atlet PPLP Sumut yang dibina. Kita berharap minimal 50 persen berhasil meraih prestasi. Maka Sumut bisa urutan empat atau lima besar di event nasional. Maka goal kita adalah menjadikan PPLP sebagai laboratorium atlet, demi mendongkrak prestasi olahraga Sumut di tingkat nasional,” tegasnya.

Lebih lanjut dikatakan Bahar, sistem promosi dan degradasi akan tetap diberlakukan meskipun pelatih tersebut telah resmi melatih di PPLP.

“Maka harapan besar saya kepada para calon pelatih betul–betul siap dan mau bekerja sama agar waktu yang diberikan kepada unit PPLP bisa benar–benar dilaksanakan dengan baik. Kita inginkan ada progres dan program latihan yang bagus," bebernya.

"Terus kita buat evaluasi terhadap apa yang sudah dikerjakan baik triwulan atau per semester. Tergantung kebutuhan. Supaya kita tahu progres yang dilakukan pelatih selama melatih di PPLP,” pungkas Bahar.

Ketua Panitia Seleksi, Rudi Rinaldi menjelaskan, seleksi calon pelatih PPLP Sumut tahun 2018 akan dinilai tim profesional yang telah dipersiapkan.

"Mereka nantinya akan diproyeksikan untuk membina 120 atlet binaan PPLP Sumut. Adapun tim penilai terdiri dari Prof Agung Sunarno (KONI Sumut), Misnan (Unimed), dan psikolog," tutupnya.