MEDAN - PT Pelabuhan Indonesia 1 (Persero) atau Pelindo 1 menerima penghargaan Apresiasi CSR Award 2017 pada hari Kamis, 25 Januari 2018, untuk ketegori budaya. Penghargaan ini diserahkan oleh Menteri Koperasi dan UKM, Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga kepada Direktur Keuangan Pelindo 1, Farid Luthfi.

Apresiasi yang diberikan oleh Sindo Media ini adalah buah dari konsistensi Pelindo 1 dalam menjalankan program Corporate Social Responsibilty (CSR) dengan membangun Desa Wisata Tomok Parsaoran di Danau Toba, Sumut, secara berkelanjutan sejak 2016.

Apresiasi CSR Award 2017 untuk kategori budaya tersebut dikarenakan Pelindo 1 dinilai sukses dalam melakukan pembinaan terhadap kelompok masyarakat sadar wisata di kawasan Danau Toba. Kelompok sadar wisata ini mendapatkan pelatihan dan juga studi banding ke sejumlah obyek wisata di Yogyakarta. Tujuannya, agar warga di sekitar Danau Toba, memperoleh wawasan dalam mengembangkan potensi bisnis di desa wisata mereka.

“Kami bangga dengan apresiasi ini. Sindo Apresiasi CSR Award ini merupakan kali ketiga bagi Pelindo 1 menerima penghargaan atas konsistensinya dalam mengembangkan kapasitas SDM di lingkungan internal perusahaan dan masyarakat sekitar. Hal ini akan terus memacu kami untuk terus meningkatkan upaya pembinaan terhadap masyarakat di kawasan wisata Danau Toba. Pencapaian ini sekaligus sebagai bukti konsistensi kami sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang aktif mendorong pembangunan perekonomian desa, sesuai dengan program BUMN Hadir Untuk Negeri,” tutur Farid Luthfi, Direktur Keuangan Pelindo 1.

Pemilihan Desa Wisata Tomok Parsaoran yang berlokasi di Pulau Samosir, Danau Toba, juga diapresiasi sebagai langkah tepat. Sebab, Desa Tomok memiliki banyak potensi sejarah. Mulai dari makam Raja Sidabutar, Museum Batak, dan pertunjukan patung Sigale-gale. Terlebih Danau Toba masuk dalam 10 destinasi pariwisata yang ditetapkan pemerintah sejak 2016.

Bantuan untuk pembangunan desa wisata yang dilakukan Pelindo 1 antara lain penataan lanskap area kursi batu dan penanda kawasan, penataan tribun penonton untuk pertunjukan Sigale-gale, pembangunan Sopo (Bangunan Khas Batak), pembanguan gazebo untuk perajin tenun, penataan lanskap area makam raja Sidabutar, penataan lanskap dan panggung acara Mangalahat Horbo serta pembangunan area parkir.

Pelaksanaan kegiatan CSR yang dilakukan oleh perseroan ini tidak semata amanat dari peraturan pemerintah dan perundang-undangan. Namun, program ini dilaksanakan sebagai investasi jangka panjang untuk keberlangsungan usaha perseroan. Dengan kegiatan CSR ini kesejahteraan masyarakat di sekitar wilayah operasi perusahaan akan meningkat sehingga keserasian hubungan antara perusahaan dengan masyarakat juga akan meningkat.

Terkait dengan sektor wisata, sepanjang 2017, Pelabuhan Belawan yang dikelola oleh Pelindo 1 menerima sejumlah kunjungan dari kapal wisata atau cruise dari manca negara diantara MV Austral yang membawa 212 wisatawan dari Amerika Serikat, Belgia, United Kingdom, Australia, Kanada, India, Polandia, Afrika Selatan, Finlandia dan New Zealand. Selain itu Pelabuhan Belawan juga pernah menerima kunjungan dari Kapal Pesiar MV Silver Discovery.

“Ke depannya kami akan terus melakukan inovasi dan kreativitas dalam menjalankan program CSR ini. Harapannya melalui kegiatan ini masyarakat di sekitar area wilayah kerja BUMN akan semakin meningkat kesejahteraannya sekaligus jalinan hubungan positif antara masyarakat dan perseroan akan semakin meningkat,” tutup ACS Humas Pelindo 1 Fiona Sari Utami..