BANTEN - Komandan Batalyon Mandala Yudha Letkol Inf M. Asmi mengerahkan sejumlah personel Batalyon Mandala Yudha untuk turut serta membantu korban akibat bencana alam gempa bumi di Lebak Banten.

"Batalyon Mandala Yudha Kostrad akan selalu siap sedia untuk memberikan bantuan kepada masyarakat dalam upaya meringankan kesulitan warga korban bencana alam” ujar Komandan Batalyon Mandala Yudha Kostrad Letkol Inf M. Asmi di Lebak, Banten, Rabu (24/1/2018). 

Gempa yang terjadi Selasa (23/1/2018) sekitar pukul 13.34 WIB berkekuatan 6,4 SR dengan pusat gempa di laut 81 km barat daya Lebak Banten dengan kedalaman 10 km dan tidak berpotensi tsunami. Meski tidak menyebabkan korban jiwa namun gempa tersebut menimbulkan banyak kerusakan bangunan.

Terdapat 8 kecamatan di kabupaten Lebak Banten yang mengalami kerusakan bangunan, yaitu Kecamatan Panggarangan, Sajira, Bayah, Cilograng, Bojongmanik, Muncang, Sobang, dan Kecamatan Cibadak.

Dipimpin oleh Kapten Inf Ade Fian, sebanyak 34 orang personel Batalyon Mandala Yudha menuju ke Kecamatan Muncang untuk memberikan bantuan. Kecamatan Muncang merupakan daerah binaan dari Batalyon Mandala Yudha.

Di Kecamatan Muncang sendiri terdapat 11 bangunan yang mengalami kerusakan akibat gempa bumi berkekuatan 6,4 SR. 7 rumah mengalami rusak ringan dan 4 rumah mengalami rusak berat.

Prajurit Batalyon Mandala Yudha bersama Koramil Muncang, Polsek Muncang, serta masyarakat desa Muncang secara gotong royong sebagai bentuk implementasi sinergitas TNI-Polri membantu korban akibat bencana gempa bumi 6,4 SR Lebak, Banten.***