TAPANULI SELATAN - Guna memberi dukungan dan selamat, Bupati Tapanuli Selatan (Tapsel), Syahrul M Pasaribu menghadiri acara wisudawan wisudawati Universitas Muhammaddiyah Tapanuli Selatan (UMTS) angkatan ke-51 Tahun 2018, Selasa (23/1/2018) di Gedung Aula UMTS, Jalan Sutan Muhammad Arief No. 32, Padangsidimpuan. Peserta Wisuda UMTS Angkatan Ke-51 Tahun 2018 ini sebanyak 290 orang, dengan rincian Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia 9 orang, Bahasa Inggris 15 orang, PKN 5 orang, Ekonomi 38 orang, Matematika 10 orang, Biologi 36 orang, Fisika 16 orang, Kimia 14 orang, Bimbingan Konseling 18 orang, Ilmu Administrasi Negara 25 orang, Ilmu Hukum 65 orang, Agroteknologi 25 orang, Peternakan 6 orang dan Pendidikan Agama Islam 8 orang.

Di awal acara, Rektor UMTS Muksana Pasaribu, dalam sambutannya mengatakan, tantangan alumni saat ini semakin besar dan berat, "Tingginya jumlah pencari kerja yang tidak dibarengi dengan ketersediaan lapangan kerja yang ada, menjadi problem utama yang harus kalian hadapi begitu menyelesaikan studi. Alumni harus berani keluar dari zona nyamannya, out of the box, harus berani melakukan terobosan-terobosan baru yang tidak saja dapat mengentaskan dirinya sendiri, tapi juga dapat membantu orang lain memperoleh kesempatan kerja," tegas Muhsana.

"Dengan ini saya lepaskan kalian semua kedunia nyata, the real life, dunia yang sesungguhnya bukan lagi dunia angan dunia cita dan harapan, seperti ketika dibangku kuliah kemarin oleh karena itu taklukkanlah segala tantangan dengan segenap kemampuan yang ananda miliki, jadilah problem solver bukan problem maker dan janganlah pernah berhenti belajar, belajarlah dari setiap orang yang dijumpai, belajar pada alam, belajar pada setiap jengkal tanah yang engkau injak dan belajarlah pada fenomena yang tersingkap," tambahnya lagi dengan semangat.

Sementara, Bupati Tapsel Syahrul M Pasaribu dalam sambutannya mengharapkan kepada wisudawan dan wisudawati agar tetap menjaga nama baik Universitas Muhammadiyah Tapanuli Selatan (UMTS) dan promosikan perguruan ini di tengah-tengah masyarakat sebagai salah satu Universitas yang dapat mendorong pembangunan dalam menghadapi zaman yang semakin kompetitif ini.

"Hari ini satu tahap perjuangan telah selesai, tapi janganlah hanya pendidikan ini saja. Teruslah kalian belajar untuk ke jenjang yang lebih tinggi misalnya jenjang S-2 maupun kejenjang pendidikan lainnya," pungkas Syahrul.

Syahrul juga berharap agar para alumni ini jangan hanya bercita-cita menjadi PNS saja, tapi ciptakanlah profesi yang lain atau ciptakanlah lapangan kerja lain yang bisa berguna bagi kehidupan kalian kelak, dan tetaplah semangat dalam menggapai cita-cita dalam meraih masa depan.

Dalam acara ini, tampak juga hadir Kapolres Tapsel AKBP Mohammad Iqbal, Bupati Tapanuli Tengah (Tapteng) Bakhtiar Ahmad Sibarani, Ketua DPRD Tapteng Sahrun Pasaribu, Wabup Tapteng Darwin Sitompul, Sekretaris Kopertis wilayah 9 Sumut Ansari, mewakili rektor UGN Abdul Latif Lubis, Wakil Rektor 1 Alinapia, Wakil Rektor II H Putori Dongoran, Wakil Rektor II Syawaluddin, Ketua dan Seluruh Anggota Senat Muhammadiyah.