PALAS - Bupati Padang Lawas, H Ali Sutan Harahap (TSO) mengapresiasi karya Kelompok Usaha Bersama warga Karang Taruna Desa Pasar Ipuh, Kecamatan Ulu Barumun, dalam  memberdayakan pemuda melalui pembuatan kelompok usaha bersama (KUBE). Ungkapan itu disampaikan Bupati saat meninjau Kube milik warga Karang Taruna Pasar Ipuh, Senin (22/1/2018) di Pasar Ipuh, Kecamatan Ulu Barumun.

Kube yang ditinjau Bupati bersama rombongan antara lain, ternak ikan lele, ikan mas, ternak ayam kampung dan pembuatan pakan lele.

"Inilah contoh nyata bahawa warga dan organisasi Karang Taruna telah berbuat nyata untuk pemberdayaan pemuda di daerah ini,” kata Bupati.

Turut hadir peninjau Kube, Kadis Kesehatan Hj Leli Ramayulis Siregar, Ketua Karang Taruna Palas, Atas Siregar, Camat Ulu Barumun Abdul Hakim Hasibuan, Kabag Humas Imron Saleh Siregar H. Zulkarnain Nasution, dan ratusan warga Karang Taruna.

Bupati mengungkapkan, apa yang dilakukan warga Karang Taruna Pasar Ipuh, kiranya bisa diikuti oleh desa-desa yang lain termasuk mengalokasikan anggaran dana desa untuk pembinaan dan pengembangan generasi muda yang terhimpun dalam Karang Taruna.

“Kalau saja generasi muda kita kompak dan punya kemauan yang tinggi untuk membuka usaha dan lapangan kerja, dan bisa bekerjasama dengan kepala desa, saya optimis, Karang Taruna telah ikut membantu program Karang Taruna dalam pengentasan kemiskinan dan menciptakan lapangan kerja,” imbuh Bupati.

Selain itu, Bupati juga menyebutkan, sebagian dari dana desa itu ada anggarannya untuk pemberdayaan dan pembinaan Karang Tarun.

Untuk itu, ia berharap agar para pengurus dersa maupun kecamatan se Padanglawas bisa berkoordinasi dengan kepala desa agar anggaran Karang Taruna bisa ditampung dalam APBdes.

"Program ini cukup baik, tinggal bagaimana nanti pengembangannya ke depan. Apalagi potensi hasil produksi yang dikelola Karang Taruna di Desa Pasar ipuh sangat banyak dibutuhkan di daerah ini,” papar Bupati sembari menambahkan, agar program pemberdayaan dan pembinaan bagi generasi muda terus ditingkatkan seiring dengan program pemerintah.