JAKARTA - Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Hoki Seluruh Indonesia (PB PHSI) Raj Kumar Singh mengancam akan menuntut Menpota Imam Nahrawi ke pengadilan.

Tuntutan itu akan dilayangkan Kumar Singh jika Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora, Mulyana menyalurkan dana pelatnas hoki Asian Games 2018 kepada Federasi Hoki Indonesia (FHI).

"Saya akan tuntut Menpora ke pengadilan kalau sampai dana pelatnas hoki Asian Games 2018 disalurkan ke FHI. Petunjuk pelaksana (Juklak) dan petunjuk teknis (juknis) penyaluran anggaran Perpres Nomor 95 Tahun 2017 akan menjadi dasar tuntutan," kata Raj Kumar Singh saat dihubungi GoNews.co, (GoNews group) melalui telepon selular, pekan lalu.

Menurut Raj Kumar Singh, dalam juklak dan juknis jelas disebutkan bahwa anggaran pelatnas tidak boleh disalurkan jika ada dualisme induk organisasi cabang olahraga (PB/PP), PB/PP bermasalah dan PB/PP yang tidak memiliki kantor.

"Dana pelatnas itu kan berasal dari uang rakyat. Jadi, penyalurannya harus tepat dan bisa dipertanggungjawabkan," katanya. 

Lebih jauh Raj Kumar Singh mengklaim organisasi yabg dipimpinnya adalah yang sah. Sebab, PHSI diakui internasional. "IHF telah mengirimkan surat ke KOI dan menjelaskan PHSI adalah organisasi yang sah," tegasnya. 

Ketika ditanyakan mengapa FHI yang disebut tidak diakui organisasi hok internasional bisa mengirimkan tim hoki pada SEA Games Malaysia 2017, Kumar menjawab, "Tim Hoki Indonesia yang tanpil di SEA Games 2017 itu bukan membawa nama FHI tetapi atas nama KOI," tandasnya.

Berbicara masalah Asian Games 2018, Raj Kumar Singh mengaku telah mempersiapkan Tim Hoki Indonesia. "PHSI telah mengirimkan tim hoki putri untuk mengikuti babak kualifikasi Asia di Bangkok, Thailand, 16-20 Januari 2018. Dan, PHSI juga akan mengirimkan Tim hoki putra untuk menjalani uji coba ke luar negeri dalam waktu dekat. Semua dana uji coba itu ditanggung penuh PHSI tanpa ada biaya dari pemerintah," ujarnya. 

Berbicara masalah target, dia sadar diri. "Berat. Saya pastikan hoki Indonesia tidak akan bisa menyumbangkan medali," tandasnya. ***