UNIVERSITAS Syiah Kuala melakukan sosialisasi Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) dan Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tingi Negeri (SBMPTN) 2018 ke sekolah SMA/SMK/MA di Provinsi Aceh, mulai 19 Januari–29 Januari 2018. Kepala Humas Unsyiah Husni Friady mengatakan, kegiatan sosialisasi ini dibagi berdasarkan tujuh wilayah Pusat Pengembangan Mutu Guru (PPMG) yaitu mulai dari Bireuen, Langsa, Takengon, Gayo Lues, Aceh Tenggara, Pidie Jaya dan Banda Aceh. Dan diikuti oleh para Kepala Sekolah dan Operator sekolah di wilayah tersebut.

Husni menjelaskan, tujuan sosialisasi ini adalah untuk memberikan pemahaman yang benar terkait proses pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) oleh pihak sekolah, yang merupakan syarat untuk mengikuti seleksi SNMPTN. Di mana proses peng-input-an datanya merupakan tanggung jawab Kepala Sekolah dan operator.

“Karena kita tidak ingin kesalah-kesalahan kecil justru menjadi masalah kelulusan bagi siswa nantinya,” ujar Husni, Sabtu (20/1/2018).

Kepada pihak sekolah, Husni juga mengingatkan, untuk meng-upload semua data prestasi baik akademik maupun non akademik ke sistem PDSS. Sebab hal tersebut merupakan salah satu faktor yang menentukan kelulusan siswa untuk jalur SNMPTN.

“Jadi pihak sekolah jangan merasa berat untuk mengisi data prestasi siswa ini, karena hal itulah penentu kelulusan anak-anak kita nanti,” kata Husni.

Kepala Bagian Pendidikan Biro Akademik Unsyiah Mursal, SE meminta kepada pihak sekolah untuk mengisi data PDSS secara jujur. Sebab pihak Unsyiah akan melakukan verifikasi data SNMPTN secara independen untuk memeriksa prestasi akademik setiap siswa.

Menurut Mursal, ada beberapa hal yang menjadi perhatian Unsyiah saat melakukan verifikasi. Seperti jika ada perbedaan nilai raport dengan data yang di-online, ataupun ada indikasi pencucian raport siswa.

“Namun jika ada temuan, tidak serta-merta temuan itu menggugurkan siswa tersebut. Kita masih memberikan pihak sekolah untuk klarifikasi. Apakah benar melakukan kecurangan atau hanya kesalahan teknis?” ujar Mursal.

Untuk diketahui jadwal SNMPTN 2018 yaitu pengisian dan verifikasi PDSS adalah tanggal 13 Januari–10 Februari 2018. Pendaftaran SNMPTN 21 Februari – 6 Maret 2018 dan pengumuman hasil 17 April 2018. Informasi lebih lengkap dapat diakses melalui website www.snmptn.acid dan www.pmb.unsyiah.ac.id.