JAKARTA - Ranah Minang Sumatera Barat memiliki berbagai macam kuliner yang menggoda selera. Hampir semua makanannya identik dengan santan. Salah satunya rendang, yang sudah terkenal hingga mancanegara. Daging yang dibumbui dengan santan dan rempah-rempah khas ini memiliki rasa yang lezat. Bagi Anda pencinta makanan berkuah santan, rendang paling cocok dimakan dengan nasi panas yang masih mengepul. Tak hanya rendang, Sumatera Barat, juga memiliki kuliner lain, yang dapat membuat pencinta kuliner ketagihan. Kuliner lain tersebut adalah kalio daging, nasi lemak, kalio jariang dan lainnya.

Kalio daging adalah gulai daging sapi yang dimasak menggunakan bumbu rempah dan cabai. Daging dimasak lama agar daging empuk dan bumbu meresap sampai ke dalam.

Ingin tahu, kuliner khas Sumatera Barat lainnya, yang bisa menggugah selera Anda? Berikut ulasannya seperti dirangkum iNews.id, Kamis (18/1/2018).

Kalio Daging

Kalio daging adalah gulai daging sapi yang dimasak menggunakan bumbu rempah dan cabai. Daging terasa sangat empuk saat digigit. Daging harus dimasak lama, agar mendapatkan rasa yang empuk dan bumbu meresap sampai ke dalam. Anda dapat menemukan kalio daging ini di rumah makan padang.

Dendeng Balado

Makanan khas masyarakat Minangkabau ini menjadi makanan favorit wisatawan. Dendeng terbuat dari daging sapi yang dikeringkan dengan campuran bumbu balado yang khas. Anda harus mencicipi dendeng balado ini jika mampir ke rumah makan padang.

Sate Padang

Sate padang menggunakan bahan dasar daging sapi, lidah, atau jeroan. Sedangkan untuk saus sate padang menggunakan tepung beras yang sudah dicairkan, kemudian dicampur ke dalam air rebusan daging. Anda dapat mencoba tiga macam sate khas Sumatera Barat dengan saus berbeda, yaitu sate Padang Panjang sausnya berwarna kuning, sate Padang Pariaman sausnya berwarna merah, dan sate Padang Kota sausnya berwarna kecokelatan.

Kalio Jariang

Kalio jariang dibuat dari bahan dasar jengkol yang direbus lalu digeprek. Jengkol kemudian dimasak dengan campuran bumbu rempah khas padang. Makanan ini paling enak dimakan bersama nasi putih hangat dan kuah santan pedas.

Nasi Lemak

Nasi Lemak biasa disajikan untuk upacara khusus. Penyajian nasi lemak dengan dialasi daun pisang. Lalu, untuk bumbu yang digunakan adalah rempah-rempah yang salah satunya adalah kunyit. Cara memasak nasi lemak ini, yaitu beras dimasak dengan kunyit hingga matang.

Gulai Cancang

Cancang dibuat dari daging kambing yang dipotong kecil-kecil, lalu dimasak dengan santan dan juga cabai giling dan bumbu rempah lainnya. Untuk Anda yang suka makanan pedas, makanan ini sangat cocok untuk Anda.

Gulai Tunjang

Gulai Tunjang menggunakan bahan dasar kikil sapi. Gulai ini dapat disajikan dalam dua bentuk masakan, yaitu dimasak dengan kuah santan kuning dan dimasak dengan kuah santan merah pedas. Rasanya yang pedas dengan tekstur kenyal dan empuk akan membuat Anda ketagihan. ***